get app
inews
Aa Read Next : Capres Ganjar Pranowo Disambut Meriah Ribuan Umat Kristiani di Konser Lilin Putih 

8 Tips Segarkan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Libur Natal dan Tahun Baru

Selasa, 02 Januari 2024 | 06:57 WIB
header img
Sebanyak delapan cara menyegarkan mobil setelah perjalanan jarak jauh liburan Natal dan Tahun Baru. (Foto: iNews.id) 

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Setelah perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), mobil memerlukan perawatan khusus untuk menyegarkan.

Mobil yang telah bekerja keras selama perjalanan jarak jauh membutuhkan perhatian ekstra terhadap performa mesin dan kebersihan kabin.

Untuk mengembalikan kondisi mobil seperti semula, terdapat delapan langkah yang dapat dilakukan.

1. Cek Kondisi Oli

Periksa tingkat dan kebersihan oli mobil setelah perjalanan mudik. Oli yang kotor dapat mempercepat keausan mesin. Jika terlihat kotor, segera ganti oli mobil.

2. Periksa Air Radiator

Air radiator berperan sebagai pendingin mesin. Pastikan air radiator mencukupi dan tidak terdapat kebocoran. Jika kurang atau ada kebocoran, segera ganti atau perbaiki sistem pendinginan.

3. Periksa Kondisi Ban

Perjalanan jauh bisa memengaruhi kondisi ban. Pastikan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrik dan cek tapak ban untuk memastikan tidak ada benda asing.


Periksa ban. (Foto: Ist)
 

4. Cek Kondisi Aki

Kondisi perjalanan jauh dapat mempengaruhi aki. Pastikan kabel aki tidak longgar dan bersihkan tanda-tanda korosi pada terminal aki jika ada.

5. Bersihkan Mobil

Membersihkan mobil penting untuk menjaga tampilan. Cuci dan poles bodi mobil serta bersihkan bagian dalamnya dari sampah dan benda tak diperlukan.

6. Periksa Sistem Rem

Periksa kampas rem dan kondisi cairan rem. Ganti atau isi cairan jika perlu, karena sistem rem penting untuk perjalanan jauh.

7. Periksa Lampu

Pastikan semua lampu mobil berfungsi dengan baik. Lampu yang mati dapat meningkatkan risiko kecelakaan, jadi periksa lampu utama, rem, sein, dan mundur.

8. Cek Kondisi AC

Pastikan AC mobil masih berfungsi dengan baik setelah perjalanan jauh. Periksakan ke bengkel jika suhu yang dihasilkan tidak dingin atau menyegarkan.


Periksa AC. (Foto: Ist)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 8 Cara Menyegarkan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Libur Natal dan Tahun Baru ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/8-cara-menyegarkan-mobil-setelah-perjalanan-jauh-libur-natal-dan-tahun-baru.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut