get app
inews
Aa Read Next : Awas Baterai Overheat, 10 Komponen Mobil Hybrid Wajib Diperiksa

Ini Penyebab Oli Cepat Habis, Membuat Mesin Cepat Rusak

Minggu, 21 Januari 2024 | 05:36 WIB
header img
Apabila oli mesin habis atau volume-nya berkurang akan menyebabkan kerusakan fatal pada engine. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Oli mesin adalah elemen krusial bagi kinerja optimal kendaraan. Fungsinya tidak hanya sebagai pelumas, tetapi juga menjaga suhu mesin agar tidak terlalu panas (overheat).

Ketika oli mesin menipis atau habis, ini bisa mengakibatkan kerusakan parah pada mesin, bahkan dalam beberapa kasus, mengharuskan perbaikan komponen mesin yang mahal.

Ada beberapa penyebab terjadinya kehabisan oli mesin yang perlu diwaspadai sebelum mengakibatkan kerusakan serius pada mesin:

1. Kapasitas Oli Berlebihan

Selalu perhatikan takaran oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin. Pastikan volume oli tidak melebihi batas maksimal pada dipstick. Jika melebihi kapasitas, oli bisa tumpah ke filter udara, menghasilkan asap putih dan merusak seal engine.

2. Ring Piston Aus

Oli mesin bisa habis lebih cepat akibat ausnya ring piston. Ring piston yang aus dapat membuat udara berlebih masuk ke ruang oli, mengakibatkan penurunan kompresi mesin. Perbaikannya memerlukan overhaul atau penggantian ring piston baru.

3. Packing Mesin Tua

Kebocoran oli bisa terjadi jika packing mesin sudah terlalu tua. Ganti komponen ini untuk mencegah kebocoran, meskipun memerlukan waktu dan biaya yang cukup besar.

4. Penguapan Oli

Penguapan cairan pada mesin, terutama pada kondisi panas saat kendaraan digunakan atau terjebak macet, bisa membuat oli cepat habis. Pengguna harus memperhatikan agar tidak terjadi kekurangan pelumas pada mesin.

5. Jarang Mengganti Oli

Seringkali, kehabisan oli disebabkan oleh kurangnya perhatian terhadap penggantian oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Penggantian oli secara berkala sangat penting mengingat sifat oli yang mudah menguap.

Penting untuk memerhatikan penggantian oli secara berkala dan memeriksa kondisi mesin secara rutin agar kendaraan tetap dalam performa optimal. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Bikin Mesin Cepat Rusak, Ini Penyebab Oli Cepat Habis ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/aksesoris/bikin-mesin-cepat-rusak-ini-penyebab-oli-cepat-habis.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut