get app
inews
Aa Read Next : Ternyata, Ini 5 Fungsi Lampu Rem Belakang Bagian Atas Mobil

6 Alat Pendingin Mesin Mobil dan Komponen Lainnya, Pemilik Mobil Wajib Tahu

Senin, 12 Desember 2022 | 10:36 WIB
header img
Radiator hanya salah satu komponen alat pendingin mesin mobil. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mobil yang memiliki suhu mesin melebihi standar ketika digunakan bisa berakibat overheat dan membuat mesin mati secara tiba-tiba. Disitulah pentingnya alat pendingin suhu mobil untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya suhu berlebihan.

Mesin mobil yang terlalu panas akan memberikan kode pada indikator dashboard mobil yang menyala merah. Selain itu, pada beberapa kasus, indikator tersebut juga ada yang menunjukan sampai level H.

Kontrol Suhu Komponen

Selain itu, alat juga berguna bagi kestabilan suhu komponen-komponen lainnya. Maka alat pendingin mesin mobil ini sangatlah penting sehingga pemilik kendaraan harus bijak untuk merawatnya dengan baik.

Sejumlah alat pendingin mesin mobil yang dilansir dari situs Suzuki yang perlu disimak :

1. Radiator

Radiator memiliki bentuk pipa kecil seperti tempat water coolant. Pipa kecil tersebut nantinya akan diisi oleh cairan pendingin yang berfungsi untuk menyerap suhu panas yang dikeluarkan mesin mobil.

Selain pipa kecil tersebut, radiator juga memiliki kisi-kisi yang menempel dengan fungsi untuk mendinginkan air yang sudah menyerap suhu panas sehingga bisa dialirkan kembali ke pipa.

2. Pompa Air

Komponen pompa air mengirim sirkulasi air dari lower tank ke radiator. Pompa air ini akan berperan untuk membuat air radiator kembali ke dalam pipa-pipa untuk bekerja.

Komponen pompa air ini menjadi salah satu alat pendingin mesin mobil yang cukup penting, sehingga tidak boleh sampai rusak karena memiliki tugas untuk menjaga siklus tertutup yang fungsinya menyerap, membawa, dan membuang panas.

Selain itu, fungsi komponen pompa air juga akan mengikuti putaran pada mesin karena terhubung dengan v-belt.

3. Water Jacket

Water Jacket sebuah komponen rongga yang dibentuk pada blok mesin. Rongga ini berfungsi sebagai tempat keluar dan masuknya air.

Pada saat mesin menyala, panas yang ada akan diserap oleh air dan masuk ke radiator, sedangkan air dingin akan yang ada akan masuk ke water jacket agar proses pendinginan mulai bekerja lagi.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut