get app
inews
Aa Read Next : Yordania Serang Suriah Selatan, 11 Orang Dilaporkan Tewas

Dampak Gempa Jepang, Korban Tewas Jadi 64 Orang Masih Banyak yang Tertimbun Reruntuhan 

Rabu, 03 Januari 2024 | 17:52 WIB
header img
Korban tewas gempa bumi M7,6 di Jepang bertambah menjadi 64 orang (Foto: Kyodo via AP)

TOKYO, iNewsSerpong.id - Jumlah korban meninggal akibat gempa bumi bermagnitudo 7,6 di Jepang bertambah menjadi 64 orang hingga Rabu (3/1/2024). Gempa yang disusul dengan tsunami itu bertitik pusat di Semenanjung Noto, Prefektur Ishikawa, pada Senin (1/1/2024) pukul 16.01 waktu setempat. 

Laporan Kantor berita Kyodo menyatakan, jumlah korban tewas tersebut berasal dari Ishikawa saja. 

Ada empat prefektur lain yang terdampak cukup parah, termasuk korban luka, yakni di Niigata, Fukui, Toyama, dan Gifu.

Masih banyak korban yang terjebak di bawah reruntuhan. Petugas yang dikerahkan ke lokasi menghadapi tantangan karena infrastruktur yang rusak serta putusnya pasokan listrik. 

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan proses penyelamatan masih berlangsung. Petugas berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan korban yang masih terjebak di reruntuhan bangunan.

"Masih ada orang yang terjebak di bangunan-bangunan yang rusak maupun roboh. Pemerintah akan melakukan segala upaya, menempatkan keselamatan nyawa sebagai prioritas utama," ujar Kishida, seperti disiarkan stasiun televisi NHK.  

Dia menambahkan, puluhan ribu orang kini mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Upaya penmyelamatan terkendala kerusakan, bahkan putusnya jalan. Selain itu banyak jalan yang tertutup puing-puing reruntuhan bangunan. 

Pemerintah terpaksa menggunakan pesawat dan helikopter untuk mengantar bantuan ke lokasi-lokasi terdampak gempa yang sulit dijangkau dari darat.

Belum lagi kondisi cuaca buruk terjadi di beberapa wilayah, menambah tantangan dalam pengiriman bantuan dan tim penyelamat. 

Badan Meteorologi Jepang melaporkan, beberapa wilayah terdampak gempa diperkirakan diguyur hujan sepanjang Kamis besok

Jepang telah menerjunkan 10.000 tentara untuk pencarian, penyelamatan, dan operasi pengiriman bantuan kepada para korban gempa.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Gempa Jepang, Korban Tewas Jadi 64 Orang Masih Banyak yang Tertimbun Reruntuhan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/gempa-jepang-korban-tewas-jadi-64-orang-masih-banyak-yang-tertimbun-reruntuhan.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut