get app
inews
Aa Read Next : Suhu Tertinggi 52 Derajat Celsius di Thailand, Gelombang Panas Landa ASEAN

Informasi Gempa, BMKG: Dalam Semalam, Terjadi 150 Kali Gempa Susulan di Laut Flores NTT

Jum'at, 26 Januari 2024 | 09:07 WIB
header img
Gempa bumi di Laut Flores NTT. (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Setelah diguncang gempa M5,6, gempa susulan terus terjadi di Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi 150 kali gempa susulan pascagempa utama dengan kekuatan M5,6, Kamis (25/1/2024) pukul 19.24 WIB. Seratusan gempa bumi ini berlangsung semalaman hingga pagi. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, pada Jumat (26/1/2024) mengatakan,  “Per tanggal 26 Januari 2024 06:00 WIB, gempa bumi utama 25 Januari 2024 19:24:14 WIB M5,6-NTT, jumlah gempa bumi susulan 150”.

Sebelumnya, Daryono mengungkapkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). 

Daryono mengatakan gempa ini berada pada kedalaman 10 kilometer.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” katanya. 

Tercatat gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Ruteng, Waingapu, Bajawa, Ende, Maumere, Labuan Bajo dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu) dan daerah Kupang dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Daryono.

Dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. 

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” ucapnya.


Artikel ini telah tayang di maluku.inews.id dengan judul " BMKG Catat 150 Kali Gempa Susulan di Laut Flores NTT sejak Malam hingga Pagi ", Klik untuk baca: https://maluku.inews.id/berita/bmkg-catat-150-kali-gempa-susulan-di-laut-flores-ntt-sejak-malam-hingga-pagi/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut