get app
inews
Aa Read Next : Giovanna Milana Resmi Gabung Jakarta Pertamina Enduro, Proliga 2024 Makin Seru

Perang Berkecamuk di Laut Merah, Houthi Serbu Pangkalan Militer AS dan Inggris

Jum'at, 12 Januari 2024 | 09:43 WIB
header img
Para militan dari gerakan pemberontak Houthi di Yaman saat menggelar parade militer, beberapa tahun lalu (ilustrasi). (Foto: iNews/Dok.)

SANAA, iNewsSerpong.idPerang di Laut Merah masih berlangsung. Gerakan pemberontak Ansar Allah di Yaman, yang juga dikenal sebagai Houthi, menyerang sejumlah pangkalan militer dan posisi Amerika Serikat dan Inggris. Hal itu diungkapkan oleh anggota Biro Politik Houthi, Ali al-Qahoum, Jumat (12/1/2024). 

Melalui media sosial X, al-Qahoum mengungkapkan "Respons Yaman tidak lama lagi akan terjadi; Angkatan Bersenjata Yaman (Houthi) kini membalas dan merespons dengan keras terhadap kapal-kapal perang Amerika dan Inggris di Laut Merah. Perang di Laut Merah sedang berkecamuk. Pangkalan dan fasilitas militer Amerika dan Inggris sedang dirusak".

Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan para mitra AS, melakukan serangan terhadap sasaran Houthi di Yaman. Sumber-sumber pemerintah di bebrapa provinsi Yaman mengatakan kepada kantor berita Sputnik bahwa serangan udara AS mencapai sejumlah sasaran di Kota al-Hudaydah dan Taiz, serta Ibu Kota Sanaa. 

Sebelumnya dilaporkan bahwa Amerika Serikat melancarkan serangan terhadap beberapa sasaran milik kelompok Houthi di Yaman. Hal itu diungkapkan CNN dengan mengutip seorang pejabat AS, Kamis (11/1/2024) malam waktu setempat. 

Media itu menyebutkan, AS melancarkan serangannya menggunakan sejumlah jet tempur dan rudal Tomahawk. Inggris juga dikabarkan ikut ambil bagian dalam operasi tersebut. 

Sementara Alarabiyah juga melansir, Amerika Serikat dan Inggris melancarkan operasi militer terhadap posisi Houthi di Yaman. Beberapa sumber mengatakan kepada lembaga penyiaran itu bahwa serangan udara dilakukan AS di pinggiran Pelabuhan Hudaydah, Yaman.

"Lima serangan udara telah mengenai posisi Houthi di timur kota al-Hudaydah," kata Alarabiyah. 

Sumber Pemerintah Provinsi Hudayah di Yaman juga membenarkan adanya serangan yang berlangsung pada Kamis malam itu.  Kota al-Hudaydah berada di pantai Laut Merah. “Serangan udara sedang dilakukan terhadap sasaran di al-Hudaydah,” kata salah satu sumber.  

Tak hanya itu, serangan AS juga menyasar ibu kota Yaman, Sanaa. “Empat serangan udara dilakukan di Sanaa,” kata pejabat lain di Kegubernuran Saada.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Houthi Balas Serangan, Serbu Pangkalan Militer AS dan Inggris di Laut Merah ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/houthi-balas-serangan-serbu-pangkalan-militer-as-dan-inggris-di-laut-merah.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut