get app
inews
Aa Read Next : 126 Rumah di Serang Banten Terendam Banjir Luapan Sungai Cibereum, Akses Utama Warga Terputus

Resmikan Program Tanara Clean Up,  Wapres Ajak Warga Serang Bersihkan Sungai dan Kelola Sampah

Senin, 15 Januari 2024 | 05:31 WIB
header img
Wapres Ma'ruf Amin (foto: Setwapres)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Gerakan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan terus dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satunya adalah Gerakan Tanara Clean Up yang diresmikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Minggu (14/1/2024).

Wapres menyebut gerakan ini kolaborasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Universitas Syekh Nawawi Banten (USNB), TNI Angkatan Laut, kalangan swasta serta segenap komponen masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Wapres mengajak warga Serang ikut membersihkan sungai hingga mengelola sampah lewat program ini. 

"Melalui program Tanara Clean Up, masyarakat diajak untuk ikut membersihkan sungai, mempelajari pengelolaan sampah, membangun ekoriparian (edukasi berbasis ekosistem) agar area sungai lebih bersih dan indah, serta dilakukan pula penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia dari Tanara untuk Indonesia," ujarnya. 

Ma'ruf mengatakan, acara ini tidak hanya ditujukan untuk menciptakan lingkungan lestari, tetapi utamanya untuk mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah di perdesaan agar dapat bernilai ekonomis dan bermanfaat.

Adapun pembangunan ekoriparian di sekitar sungai, menurutnya akan bermanfaat untuk memulihkan dan mengendalikan pencemaran air dari limbah domestik dan sampah. 

"Inisiatif ini akan menyiapkan Tanara kelak menjadi pusat edukasi lingkungan dan ekowisata," ujar Wapres. 

Dia pun berharap, program ekoriparian ini dapat mengubah pola pikir masyarakat agar lebih peduli kepada lingkungan, serta akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui aktivitas ekonomi yang tumbuh di sekitarnya. 

"Marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai komitmen bersama untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan," kata Wapres.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Wapres Ajak Warga Serang Bersihkan Sungai dan Kelola Sampah Lewat Program Tanara Clean Up ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/wapres-ajak-warga-serang-bersihkan-sungai-dan-kelola-sampah-lewat-program-tanara-clean-up/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut