get app
inews
Aa Read Next : Waspada ! Investasi Franchise Ilegal Catut Nama Lawson

Keren, Lawson Sediakan Mesin Penukar Sampah Plastik dengan Uang Elektronik

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:22 WIB
header img

Lifestyle –inewsserpong.id- Buat Gen-Z ataupun konsumen yang suka nongkrong di Lawson dan ingin menambah saldo uang elektroniknya, sepertinya kini ada peluang baru dari kesenangan Anda itu. Apa ya?

Ya, kini Lawson sudah menghadirkan RVM atau Reverse Vending Machine (RVM) untuk sampah botol plastik di toko Lawson Cipete, Jakarta Selatan. Dioperasikan mulai pertengahan September 2023, hasil kerjasama Lawson dengan Grab –Ovo dan PlasticPay.

Pengoperasian alat ini, menurut Firly Firlandi, Corporate Communication Manager Lawson merupakan bentuk kepedulian dari Lawson terhadap lingkungan khususnya pengurangan sampah plastik.

Lebih jauh Firly berharap Lawson juga bisa meningkatkan partisipasi individu  dan bisnis dalam penciptaan lingkungan yang lebih sehat lagi. "Selain mengajak masyarakat dan dunia bisnis untuk berperan nyata dalam pengelolaan sampah plastik, RVM di Lawson Cipete juga mengurangi jejak karbon sebesar 763.000 gram. Ini langkah kecil namun konkret dari Lawson dalam mendukung program dekarbonisasi yang sedang gencar dijalankan pemerintah," ujarnya.

Sejak diluncurkan hingga 15 Januari 2024 lalu , RVM di Lawson Cipete yang merupakan hasil kerja sama dengan Grab-Ovo dan PlasticPay, telah menerima botol plastik pasca konsumsi dari 328 individu. Partisipasi aktif masyarakat dalam inisiatif go green dengan upaya mengatasi sampah plastik ini telah mengumpulkan sebanyak 11.061 botol plastik, dengan berat total mencapai 206 kilogram.

Dalam pengoperasiannya, mesin ini juga cukup sederhana. Konsumen cukup memasukkan botol plastik yang sudah digunakan ke dalam mesin melalui tempat yang telah disedikan. Kemudian secara otomastis system pada mesin akan mengkonversi perolehan sampah tersebut ke menjadi Saldo tambahan pada Uang elektronik konsumen seperti OVO.

Josephine Hidajat, salah satu pengguna teraktif dalam menukar sampah plastik, mengaku, RVM sejalan dengan gaya hidupnya yang peduli lingkungan. Warga Jakarta Selatan yang bekerja di bidang penjualan ini berhasil menukar 14 kilogram botol plastik pasca-konsumsi melalui RVM hanya dalam waktu tiga bulan.

"Saya mengumpulkan botol plastik dari kantor dan beberapa dari keluarga. Saya juga mengambil botol yang saya temukan di jalan. Kerabat ikut membantu mengumpulkan botol. Saya senang Lawson menyediakan RVM. Ini luar biasa karena saya memang orang yang go green!" serunya.

Kerja sama antara Lawson, Grab-Ovo, dan PlasticPay ini tidak hanya mempromosikan tanggung jawab lingkungan, tetapi juga melibatkan masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam upaya pengurangan sampah. Keberhasilan RVM di Lawson Cipete menandai respons positif dari masyarakat dan memperkuat pentingnya inisiatif perusahaan dalam mendorong praktik berkelanjutan (sustainability).

Lawson Indonesia tetap berkomitmen untuk memperluas program RVM, berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih, dan mendorong rasa tanggung jawab warga terhadap gaya hidup berkelanjutan. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut