get app
inews
Aa Read Next : Debat Kelima Pilpres 2024, Ganjar Ucapkan 3 Janji agar Tak Kecewakan Rakyat

Eks Ketua BEM UI Muhammad Syaeful Mujab Jadi Jubir Ganjar-Mahfud 

Sabtu, 20 Januari 2024 | 08:37 WIB
header img
TPN Ganjar-Mahfud menunjuk Muhammad Syaeful Mujab sebagai Jubir Capres dan Cawapres nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Eks Ketua BEM Universitas Indonesia, Muhammad Syaeful Mujab mendapat amanah dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud sebagai Juru Bicara (Jubir) Capres dan Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Diketahui, selain pernah menjadi Ketua BEM UI, Muhammad Syaeful Mujab juga merupakan lulusan S2 dari London School of Economics and Political Science, Inggris.

Mujab juga merupakan Founder Generasi Perintis, gerakan pemberdayaan pemuda yang sudah menggalang sinergi dan semangat para generasi muda di total 51 kota/kabupaten di Indonesia untuk mendukung Ganjar-Mahfud. 

Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto mengatakan, kehadiran Mujab memberikan energi baru dalam strategi Ganjar-Mahfud. 

"Mujab ini merupakan sosok anak muda yang cerdas, berprestasi, dan dibesarkan dalam situasi penuh keterbatasan. Ini memberikan pesan bahwa Ganjar-Mahfud ingin hadir untuk anak-anak muda seperti Mujab," kata Hasto Kristiyanto dalam keterangannya Sabtu (20/1/2024).

Di sisi lain, Mujab menerima tugas sebagai Jubir Ganjar-Mahfud karena adanya kesesuaian latar belakang dan nilai dengan pasangan capres-cawapres nomor urut 3. 

Ganjar yang berasal dari keluarga polisi pangkat rendah dan Mahfud MD yang berasal dari keluarga pegawai biasa telah menginspirasi Mujab sebagai pemuda perintis. 

"Pak Ganjar dan Prof Mahfud ini sangat relate dengan saya. Saya jadi terinspirasi bahwa tidak perlu menjadi anak Presiden untuk menjadi Capres-Cawapres. Orang biasa pun bisa," ucap Mujab. 

Bagi Mujab, keberadaan paslon 03 memberikan pesan bahwa demokrasi membuat talenta-talenta Indonesia seharusnya punya harapan tanpa perlu mengandalkan embel-embel nama besar keluarga dan koneksi orang dalam. 

"Inspirasi saja tidak cukup, perlu ada pendekatan politik yang berpihak pada para perintis. Inilah yang saya temukan di Ganjar-Mahfud," kata Mujab lagi. 

"Paslon nomor urut 03 bisa mewujudkan apa yang kami sebut sebagai konsep konsensus perintis, yang pertama kita membahas soal komitmen untuk menjamin meritokrasi," tambahnya. 

Kemudian kedua kata Mujab, bicara soal bagaimana Ganjar dan komitmen untuk membuka ruang inovasi dan kreasi yang terbuka untuk para pemuda di kabupaten dan kota. "Yang ketiga kita bicara soal komitmen untuk membangun pemuda di desa," tandas Mujab. 

Sebelumnya diketahui, kisah perjuangan hidup Muhammad Syaeful Mujab viral di media sosial. Mujab merupakan anak dari seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia yang berhasil menempuh studi magister di Inggris dengan beasiswa LPDP. 

Sejak duduk di bangku kuliah, ia menorehkan sederet prestasi dari runner up Mahasiswa Berprestasi di Universitas Indonesia sampai terpilih sebagai Abang None Jakarta 2018. Mujab juga aktif memperjuangkan isu kebijakan sosial, demokrasi, dan ekonomi yang berkeadilan saat menjabat sebagai Ketua BEM UI. 

Hal inilah yang mendorong Mujab menempuh studi magister tentang pembangunan di salah satu sekolah sosial terbaik di dunia, London School of Economics, Inggris hingga lulus.

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Sabtu, 20 Januari 2024 - 06:37 WIB oleh Mohammad Atik Fajardin dengan judul "Mantan Ketua BEM UI Muhammad Syaeful Mujab Jadi Jubir Ganjar-Mahfud”.

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut