Logo Network
Network

Viral, Pelaku Aksi Ganjal Kartu ATM di Bogor Terekam CCTV, Bagaimana Cara Menghindar?

Putra Ramadhani Astyawan
.
Senin, 07 Februari 2022 | 14:16 WIB
Viral, Pelaku Aksi Ganjal Kartu ATM di Bogor Terekam CCTV, Bagaimana Cara Menghindar?
Aksi ganjal kartu ATM terekam CCTV di wilayah Cibinong, Kabupaten Bogor. Aksi ini viral di media sosial. Foto/Tangkapan Layar

BOGOR, iNewsSerppong,id – Bagi anda Nasabah perbankan pengguna anjungan tunai mandiri (ATM) mesti hati-hati saat berada di dalam ATM. Pasalnya ada saja ulah oknum yang mengincar simpanan dana ditabungan anda.

Terbaru, aksi dugaan ganjal kartu ATM kembali terjadi di wilayah Cibinong, Kabupaten Bogor. Detik-detik kejadian itu pun sempat terekam kamera CCTV dan beredar luas di media sosial Instagram.

Seperti yang diunggah akun @bogor24update, pada awal video terlihat seorang wanita berhijab tengah kebingungan di depan mesin ATM karena kartunya tidak kunjung keluar. Tak lama, muncul pria tidak dikenal yang seolah membantu wanita tersebut. Tak lama kemudian, wanita tersebut akhirnya keluar dari gerai ATM.

Setelah wanita itu keluar, kembali muncul pria tidak dikenal dan diduga memasukan benda asing ke dalam lubang kartu mesin ATM.

”Tetap waspada dan berhati-hati saat di ATM. Jangan lupa selalu cek mesin ATM sebelum digunakan,” tulis caption video dalam Instagram @bogor24update yang dilihat MNC Portal, Senin (7/2/2022).

Kanit Reskrim Polsek Cibinong AKP Yunli Pangestu membenarkan adanya kejadian dalam rekaman CCTV yang beredar di media sosial tersebut. Korban baru sama melapor ke Polsek Cibinong.

”Saya barusan cuma sekilas saja sama pelapor. Jadi dia (pelaku) pura-pura bantu. Terus kan si pelapor mijit PIN bukan dikasihin, tapi mijit sendiri cuma dilihatin sama si pelaku,” kata Yunli dikonfirmasi. Saat ini, kata dia, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus tersebut. ”Masih proses. Cuma barusan saya tanya intinya saja,” pungkasnya.

Nah, agar tidak kejadian ikuti beberapa trik sederhana ini:

  1. Tidak Panik jika ATM anda tertelan di ATM. Usahakan cari sekurity yang bertugas disekitar ATM. Jika tidak ada catat nomor Kontak Bank bersangkutan.
  2. Tidak mudah percaya dengan orang yang baru dikenal dengan maksud membantu.
  3. Tidak memberitahukan atau menunjukkan pin ATM
  4. Usahakan pada saat mengisi PIN, tangan anda menutup nomor yang ditekan, hal ini menghindari bocornya PIN ATM.
  5. Periksa disekitar tombol jika ada alat tambahan kemungkinan itu alat phising atau alat yang merekam pin anda.
  6. Segera lapor ke Bank untuk memblokir rekening anda, dan jangan pernah memberikan kode kode PIN. Pihak Bank tidak pernah meminta kode PIN
  7. Dibagian depan ATM terdapat cermin kecil yang bisa dipakai untuk mewaspadai gerak orang dibelakang kita, apakah mengintip atau melakukan hal yang tidak kita inginkan (*)

     
Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Tag :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.