get app
inews
Aa Read Next : Hilbram Dunar di Mata Putranya: Papa Sabar dan Sayang Keluarga

Penanganan dan Terapi Kanker Linfoma Hodgkin, Jangan Sepelekan

Selasa, 06 Februari 2024 | 23:04 WIB
header img
Mengenal Kanker Limfoma Hodgkin (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kanker merupakan salah satu tantangan kesehatan global yang memerlukan perhatian serius. Penyakit ini menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Terhitung hampir 10 juta kematian pada 2020, atau hampir satu dari enam kematian. Pada 2020, kasus kanker yang paling umum ditemui adalah kanker payudara (2,26 juta), paru-paru (2,21 juta), usus besar dan rectum (1,93 juta), prostat (1,41 juta), kulit/non-melanoma (1,2 juta), dan kanker perut (1,09 juta).

Prof Ikhwan Rinaldi selaku ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia cabang Jakarta Raya (POI Jaya) mengatakan, kanker adalah masalah kesehatan dengan urgensi yang tinggi. Secara global saja, kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak, dengan hampir 10 juta orang meninggal setiap tahun. 

"Untuk itu, kami secara berkelanjutan melakukan edukasi dan peningkatan kesadaran terkait penyakit kanker kepada Masyarakat. Seperti yang dilaksanakan tahun ini, di mana kami bekerja sama dengan berbagai mitra mengangkat tema ‘Hope, Faith, Love’ (‘Harapan, Keyakinan, Cinta’), tiga hal yang sangat krusial bagi para pasien kanker dan keluarganya," kata Prof Ikhwan melalui keterangannya belum lama ini.

Prof. Ikhwan menambahkan dari sekian banyak kanker, limfoma Hodgkin adalah kanker dengan diagnosis yang masih rendah. “Kanker kelenjar getah bening jenis Limfoma Hodgkin adalah salah satu kanker yang tingkat diagnosisnya masih rendah. Penyakitnya ada, tapi sayangnya, pada banyak kasus, baru terdiagnosis setelah berada di stadium lanjut,” ujarnya.

Perlu diketahui, Limfoma Hodgkin (LH) adalah salah satu jenis kanker yang berasal dari sel darah putih yang disebut limfosit. Limfosit merupakan komponen sistem limfatik yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Menurut data Globocan tahun 2020, di Indonesia terdapat 1.188 kasus baru limfoma Hodgkin dengan kematian sebanyak 363 kasus.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut