get app
inews
Aa Read Next : Puncak Haji 15 Juni, Gelombang Pertama Haji Berangkat 12 Mei 2024

Arab Saudi Bikin Gempar Sejagat! Sekarang Bisa Haji Dan Umrah Dari Rumah

Selasa, 08 Februari 2022 | 19:52 WIB
header img
Bikin Gempar Sejagat! Arab Saudi Ciptakan Haji di Metaverse dengan VR avatar Syarifudin (Foto/Dok: Ist)

“Presidensi Dua Masjid Suci, Abdul-Rahman Al-Sudais, yang departemennya terpisah tetapi bekerja sama dengan organisasi Haramain, meresmikan program tersebut pada Senin,” papar laporan situs web kantornya.

Inisiatif ini merupakan proyek Badan Urusan Pameran dan Museum, bekerja sama dengan Universitas Umm Al-Qura.

Saat meresmikan program tersebut, Al-Sudais mengatakan sangat penting memiliki simulasi yang tidak hanya melibatkan penglihatan dan pendengaran tetapi juga sentuhan dan penciuman. Al-Sudais mengatakan Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah mengandung banyak warisan bersejarah dan Islami.

 Dia menambahkan bahwa keduanya harus didigitalkan untuk semua orang. Beberapa pejabat universitas dan pemerintah lainnya hadir pada acara pembukaan tersebut.

Mereka termasuk Turki bin Suleiman Al-Amro, yang merupakan kepala institut di Universitas Umm Al-Qura yang terlibat dalam pembuatan proyek Batu Hitam Virtual itu.

Tidak segera jelas bagaimana dan kapan publik akan memiliki akses ke teknologi realitas virtual tersebut. Kabar ini pun memicu respon dari para ulama dan cendekiawan tentang sah atau tidak sahnya haji dengan cara tersebut. Yang pasti, teknologi itu membawa semua orang merasakan pengalaman berada di dekat Hajad Aswad dan melakukan ritual haji secara virtual. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut