get app
inews
Aa Read Next : Vespa Batik Kembali Hadir dengan Basis Primavera

Vespa Batik Bakal jadi Barang Langka, Produksi Terakhir Oktober 2024

Jum'at, 15 Maret 2024 | 05:18 WIB
header img
Piaggio Indonesia mengumumkan produksi Vespa Batik akan berakhir pada Oktober 2024. (Foto: Vespa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Produksi Vespa Batik akan dihentikan pada Oktober 2024 setelah mencapai total produksi sebanyak 1.920 unit. Demikian diumumkan PT Piaggio Indonesia.

Penutupan ini merupakan akhir dari perjalanan Vespa Batik setelah menjadi pendamping yang berharga dalam merayakan dua ikon identitas budaya asli dari Italia dan Indonesia.

"Vespa Batik telah menjadi pendamping yang berharga dalam merayakan dua ikon identitas budaya asli dari Italia dan Indonesia. Melalui kolaborasi ini, kami menunjukkan dedikasi dan apresiasi yang sesungguhnya terhadap negara ini. Sekarang, saatnya untuk memulai babak baru, tentunya dengan tekad untuk terus menginspirasi pelanggan kami seperti yang selalu kami lakukan," ujar Country Head PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, dalam keterangan persnya dilansir pada Senin (19/2/2024).

Ikon Budaya Indonesia.

Vespa Batik pertama kali diperkenalkan saat peresmian pabrik pertama Piaggio Group di Indonesia pada November 2022. Motor ini menjadi Vespa pertama yang diproduksi sebagai bentuk penghormatan terhadap ikon budaya dan kebanggaan Indonesia.

Vespa Batik diciptakan dengan memadukan dua simbol ikonik dari Italia dan Indonesia, yakni Vespa dan Batik, dalam tampilan budaya yang unik namun selaras. Skuter seharga Rp63,85 juta ini menampilkan adaptasi motif batik tradisional ‘Tambal Jagad’ sebagai pola batik utama yang disematkan pada beberapa bagian bodi Vespa, serta aksesori berupa helm dan top box.

Pola batik ini merupakan gabungan dari tujuh motif yang terinspirasi dari latar belakang dan budaya yang berbeda-beda, merepresentasikan Indonesia sebagai negara kepulauan yang terbentang dari ujung barat hingga ujung timur. Motor ini dirakit sepenuhnya di Cikarang dan dipasarkan khusus untuk Indonesia.

Pengumuman mengenai tahap akhir produksi memberikan kesempatan bagi konsumen untuk memiliki koleksi edisi terbatas. Setiap motor menyematkan nomor seri khusus. Banyak kolektor otomotif yang melihat motor edisi spesial seperti ini sebagai investasi karena dianggap langka setelah tidak lagi diproduksi. (*)



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Produksi Vespa Batik Berakhir Tahun Ini, Bakal Jadi Barang Langka ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/motor/produksi-vespa-batik-berakhir-tahun-ini-bakal-jadi-barang-langka.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut