get app
inews
Aa Read Next : Jangan Panik Bila Motor Matic Tiba-Tiba Mati, Ini Solusinya

4 Masalah akan Terjadi pada Mesin Mobil bila Filter Udara tidak Rajin Dibersihkan

Senin, 27 Mei 2024 | 05:35 WIB
header img
Setidaknya ada empat dampak negatif yang ditimbulkan ketika filter udara kotor tidak pernah dibersihkan atau diganti. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal, salah satu fungsi utama filter udara yakni menyaring kotoran. Karena itu, penting untuk melakukan perawatan filter udara secara berkala.

Meskipun terlihat sederhana, keberadaan filter udara memiliki dampak besar dalam performa berkendara. Dilansir dari Auto2000, ada empat dampak negatif yang mungkin terjadi jika filter udara tidak dibersihkan atau diganti secara teratur.

1.     Performa Mesin Turun Salah satu dampak yang paling terasa adalah penurunan performa mesin. Filter udara yang kotor akan menghambat aliran udara ke dalam mesin, mengganggu campuran udara dan bahan bakar yang diperlukan untuk pembakaran. Akibatnya, mesin akan mengalami penurunan tenaga yang terasa saat menginjak pedal gas. Respons mobil bisa menjadi berat atau kehilangan akselerasi.
2.     Konsumsi Bahan Bakar Meningkat Filter udara yang kotor juga dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar. Ketika aliran udara terhambat oleh kotoran dan debu yang menumpuk pada filter udara, mesin akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama. Hal ini mengakibatkan mesin menggunakan lebih banyak bahan bakar daripada biasanya untuk melakukan perjalanan yang sama.
3.     Kerusakan pada Komponen Mesin Selain berdampak pada performa mesin, filter udara yang kotor juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya. Debu dan kotoran yang lolos dari filter udara dapat masuk ke dalam ruang pembakaran, mengakibatkan kerusakan pada piston, silinder, atau katup. Kotoran juga dapat merusak sensor dan komponen elektronik lainnya yang sensitif terhadap kebersihan udara.
4.     Peningkatan Emisi Gas Buang Filter udara yang kotor juga dapat meningkatkan tingkat emisi gas buang mobil. Ketika aliran udara terhambat, mesin cenderung menghasilkan lebih banyak emisi gas buang karena proses pembakaran menjadi tidak efisien.
Dengan memperhatikan perawatan filter udara secara berkala, dapat menjaga kinerja
mesin mobil tetap optimal dan menghindari masalah yang disebabkan oleh filter
udara yang kotor. (*)




Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Filter Udara Tidak Dibersihkan, Ini 4 Masalah yang Akan Terjadi pada Mesin Mobil ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/filter-udara-tidak-dibersihkan-ini-4-masalah-yang-akan-terjadi-pada-mesin-mobil.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut