get app
inews
Aa Read Next : Motor Turun Mesin, Akibat Oli Mesin Terus Berkurang

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Kendaraan yang Rembes

Minggu, 19 Mei 2024 | 05:25 WIB
header img
Oli kendaraan rembes? Kenali penyebab dan cara mengatasinya (Foto: Suzuki)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bagian sambungan mesin mobil butuh perawatan rutin, jangan sampai dilalaikan oleh pemilik kendaraan.

Merawat dengan baik membantu mencegah terjadinya kebocoran atau rembesan oli yang bisa merusak bagian dalam mesin.

Oli mesin adalah komponen vital yang melumasi semua bagian mesin dan menjaga suhu optimal. Namun, terkadang pemilik kendaraan menghadapi masalah kebocoran oli mesin.

Berikut adalah beberapa penyebab umum timbulnya rembesan oli pada mobil:

  1. Filter Oli Sudah Usang atau Rusak: Filter oli yang sudah rusak tidak dapat menyaring partikel-partikel dengan baik, sehingga bisa menyebabkan kebocoran oli.
  2. Steker Pembuangan Oli Bermasalah: Jika steker pembuangan oli rusak atau tidak kencang, oli bisa keluar dari celah antara steker dan mesin.
  3. Gasket Sudah Usang: Gasket yang sudah aus atau rusak pada bagian-bagian mesin yang berbeda dapat menyebabkan kebocoran oli.
  4. Overfilling (Oli Melebihi Kapasitas): Mengisi oli melebihi kapasitas yang direkomendasikan juga dapat menyebabkan tekanan pada sistem oli menjadi tidak seimbang, sehingga menyebabkan kebocoran.

Untuk mengatasi masalah kebocoran oli, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut:

  1. Ganti Paking yang Rusak atau Seal yang Aus: Paking dan seal adalah komponen yang mencegah kebocoran pada sambungan antara dua bagian mesin yang bergerak.
  2. Perbaiki Gasket Pan Minyak: Gasket pan minyak mencegah kebocoran pada sambungan antara blok mesin dan oil pan.
  3. Gunakan Lem Sealer atau Lem Besi: Lem khusus sealer atau lem besi bisa digunakan untuk memperbaiki komponen yang bermasalah.
  4. Periksa dan Kencangkan Baut yang Longgar: Baut yang longgar pada mesin dapat menjadi penyebab kebocoran oli. Periksa dan kencangkan baut yang longgar, atau ganti baut yang rusak.
  5. Gunakan Cairan Sealant Oli Mesin: Cairan sealant oli mesin membentuk lapisan yang mencegah kebocoran pada bagian mesin yang bocor.
  6. Gunakan Seal Tape: Seal tape merupakan pita perekat khusus yang dapat mencegah kebocoran pada bagian-bagian tertentu pada mobil.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, bisa mengatasi masalah kebocoran oli pada mobil dengan lebih efektif. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Oli Kendaraan Rembes? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/oli-kendaraan-rembes-kenali-penyebab-dan-cara-mengatasinya.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps


 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut