get app
inews
Aa Read Next : Ternyata, Ini 5 Fungsi Lampu Rem Belakang Bagian Atas Mobil

Bukan Hanya Aki Lemah, Simak 5 Penyebab Mobil Sulit Distarter

Kamis, 02 Mei 2024 | 05:06 WIB
header img
Penting mengetahui penyebab starter mobil sulit dihidupkan secara keseluruhan agar bisa melakukan penanganan lebih tepat. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Bila starter tidak berfungsi maka cara lain menghidupkan mesin adalah dengan mendorong mobil.

Namun, melakukan hal tersebut dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan. Karena itu, penting untuk merawat mobil agar kondisi starter tetap berfungsi dengan baik.

Beberapa penyebab umum mobil sulit distarter termasuk aki yang lemah, kabel kendur, atau masalah pada sistem starter.

Penanganan dengan Tepat

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemilik kendaraan dapat membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa. Namun, penting juga untuk memahami penyebabnya secara menyeluruh agar penanganannya dapat dilakukan dengan tepat.

Berikut adalah lima penyebab mobil sulit distarter, seperti yang dilansir dari keterangan yang dibagikan Auto2000:

1. Aki Lemah atau Rusak

Salah satu penyebab paling umum dari masalah mobil yang sulit distarter adalah aki yang lemah atau rusak. Aki yang sudah tua dapat menyebabkan kapasitasnya menurun, sehingga sulit untuk menyediakan arus yang cukup untuk memutar mesin starter.

Selain itu, korosi pada terminal aki juga dapat menjadi penyebab masalah ini, karena dapat menghalangi aliran listrik antara aki dan sistem starter. 

2. Kabel Kendur atau Putus

Kabel-kabel yang menghubungkan aki dengan sistem starter dapat menjadi kendur atau bahkan putus akibat usia atau tekanan yang terlalu besar.

Kabel yang kendur atau putus akan menghalangi aliran listrik yang cukup untuk melakukan starter dengan baik.

Pengecekan secara berkala terhadap keadaan kabel-kabel ini sangat penting untuk mencegah masalah yang tidak diinginkan.

3. Solenoid Starter Rusak

Solenoid starter adalah komponen yang bertugas untuk meneruskan arus listrik dari aki ke motor starter saat kunci kontak diputar. Jika solenoid starter mengalami kerusakan atau kegagalan, proses starter akan terganggu.

Gejala yang sering terjadi adalah bunyi klik-klik saat kunci kontak diputar, tetapi mesin tidak berputar. Solenoid yang rusak bisa disebabkan oleh usia, keausan, atau kotoran yang masuk ke dalamnya.

4. Sakelar Neutral atau Posisi Parkir

Sakelar neutral atau posisi parkir adalah komponen yang memastikan mobil hanya dapat distarter saat dalam posisi netral atau parkir. Jika sakelar ini mengalami masalah atau rusak, mobil mungkin tidak akan bisa distarter meskipun kunci kontak sudah diputar.

Gejala umumnya adalah lampu indikator pada panel instrumen tidak menyala saat kunci kontak diputar ke posisi starter. Pengecekan dan perbaikan sakelar ini perlu dilakukan untuk memastikan mobil dapat distarter dengan lancar.

5. Masalah pada Ignition Switch

Ignition switch atau kunci kontak adalah komponen yang mengatur aliran listrik ke berbagai sistem mobil, termasuk sistem starter. Jika ignition switch mengalami masalah, seperti kontak yang aus atau kendur, maka arus listrik mungkin tidak akan mencapai sistem starter dengan baik.

Hal ini dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter atau bahkan tidak menyala sama sekali. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 5 Penyebab Mobil Sulit Distarter, Bukan Hanya karena Aki Lemah ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/5-penyebab-mobil-sulit-distarter-bukan-hanya-karena-aki-lemah.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut