get app
inews
Aa Read Next : Kinclong Mirip Kresek, Tren Baju Lebaran Shimmer

Syarat dan Rute Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut yang Disediakan Kemenhub

Jum'at, 15 Maret 2024 | 08:42 WIB
header img
Kemenhub kembali menggelar program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut untuk Lebaran 2024. (Foto: Dok. Kemenhub)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut untuk Lebaran 2024 telah dibuka sejak 13 Maret hingga 7 April mendatang melalui laman https://mudikgratis.dephub.go.id/.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub, Antoni Arif Priadi menjelaskan, tujuan dari program ini adalah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri serta mengurangi penggunaan kendaraan roda dua di jalan raya.

Bagaimana Kenyamanan Perjalanan?

"Kami berharap program ini dapat memberikan kemudahan bagi pemudik dalam merayakan momen penting bersama keluarga tanpa harus merasakhawatir akan biaya dan kenyamanan perjalanan," ujar Antoni dalam keterangan resminya, Kamis (14/3/2024).

Tahun ini, Kemenhub menyediakan kuota sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor dengan empat kali perjalanan. Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada tanggal 5 dan 7 April, sementara arus balik akan dilaksanakan pada tanggal 13 dan 15 April 2024.

"Program ini akan dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan dengan rute dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan sebaliknya," tuturnya.

Berikut adalah persyaratan pendaftaran mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut:

  1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK.
  2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.
  3. Setiap peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatanwajib dalam berkendara.
  4. Verifikasi Calon Peserta Arus Mudik dimulai 15 Maret 2024, setiap hari pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan Kantor Kementerian Perhubungan RI.
  5. Verifikasi Calon Peserta Arus Balik dimulai 22 Maret 2024, di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Kota Semarang. (*)

 

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut, Berikut Syarat dan Rutenya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/kemenhub-sediakan-mudik-gratis-sepeda-motor-dengan-kapal-laut-berikut-syarat-dan-rutenya.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut