get app
inews
Aa Read Next : Perhatikan 4 Indikator Ini, Ngecek Rem Mobil  Bermasalah

Jangan Sepelekan! Rawatlah Rem Mobil di Musim Hujan dengan Benar

Sabtu, 11 Mei 2024 | 05:02 WIB
header img
Merawat rem mobil di musim hujan tidak boleh asal-asalan karena berdampak besar. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Merawat rem mobil saat musim hujan sangat penting bagi pengendara, karena rem merupakan salah satu komponen utama dalam keselamatan berkendara.

Saat musim hujan, beberapa komponen mobil memiliki potensi masalah, dan rem adalah salah satunya.

Jenis masalahnya bervariasi, mulai dari rem tangan yang macet hingga kampas rem yang terkunci saat parkir. Kondisi-kondisi ini tidak boleh diabaikan karena fungsi rem yang krusial dalam keselamatan berkendara.

Lalu, bagaimana cara merawat rem mobil saat musim hujan? Berikut adalah beberapa tips yang bisa diperhatikan, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (13/3/2024):

1. Periksa Kondisi Rem Secara Berkala

Pastikan untuk secara rutin memeriksa kinerja rem mobil agar tetap berjalan dengan baik. Ini sangat penting karena fungsi rem yang efektif akan memberikan traksi dan pengereman yang optimal, terutama saat melewati jalan basah. Lakukan pemeriksaan secara berkala, termasuk pada kampas rem dan cairan rem.

2. Hindari Kondisi Kampas Rem Lengket

Saat musim hujan, kampas rem dapat menjadi lengket karena terkena genangan air. Hal ini terjadi karena kampas rem mudah mengembang setelah terpapar air. Untuk mengantisipasi hal ini, hindari memperlambat mobil secara tiba-tiba saat melewati genangan air atau banjir. Ketika menginjak rem, lakukan dengan perlahan agar tromol atau sepatu rem cepat kering dan tidak menyebabkan kampas rem terkunci.

3. Mencari Tempat Parkir yang Aman

Saat mencari tempat parkir, pastikan untuk memilih tempat yang aman dari air hujan. Hal ini penting untuk mencegah masuknya air ke bagian-bagian sistem pengereman mobil, seperti kampas rem, yang dapat menyebabkan rem terkunci.

Demikianlah beberapa tips cara merawat rem mobil saat musim hujan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pengendara. (*)

 



Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Lutfan Faizi dengan judul "3 Cara Merawat Rem Mobil saat Hujan, Jangan Sepelekan!".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut