get app
inews
Aa Read Next : Hakata Ikkousha Pelopor Restoran Ramen di Serpong City

Kue Lebaran Awet dan Tetap Renyah, Simak 5 Tips Cara Menyimpan  

Rabu, 27 Maret 2024 | 05:46 WIB
header img
Sejumlah cara menyimpan kue kering yang benar agar tetep renyah dan tahan lama. (Foto: Ist)

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Kue kering yang lezat adalah bagian dari tradisi Lebaran. Mulai dari nastar, kastengel, putri salju, kue sagu, lidah kucing, dan masih banyak lagi.

Biasanya, saat Lebaran tiba, masyarakat Indonesia gemar menyajikan berbagai macam kue kering dalam toples-toples untuk keperluan halal bihalal.

Namun, seringkali kue kering tidak habis dan menjadi lembek serta kehilangan cita rasanya karena penyimpanannya yang kurang tepat.

Berikut sejumlah tips menyimpan kue kering dengan baik agar tetap renyah dan tahan lama, yang disari dari berbagai sumber :

1. Dinginkan Kue Terlebih Dahulu

Sebaiknya, biarkan kue kering yang baru diangkat dari oven untuk dingin terlebih dahulu sebelum disimpan dalam toples. Kue yang masih hangat cenderung lembek dan rentan rusak jika langsung disimpan. Biarkan kue tersebut mengudara beberapa saat hingga benar-benar dingin sebelum disusun di dalam toples.

2. Pastikan Wadah Kering

Sebelum memasukkan kue kering ke dalam toples atau wadah, pastikan bahwa wadah tersebut benar-benar kering. Jika wadah baru dicuci, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik sebelum digunakan. Kondisi wadah yang lembab dapat membuat kue menjadi tidak hanya lembek, tetapi juga berpotensi berjamur.

3. Gunakan Toples Kedap Udara

Pilihlah toples yang kedap udara untuk menyimpan kue kering. Meskipun terlihat tidak relevan, penggunaan toples kedap udara akan membuat kue kering tetap segar lebih lama. Toples dengan penutup yang rapat atau karet pada bagian penutupnya akan membantu menjaga kualitas kue.

4. Jaga Kelembaban dengan Garam

Tingkat kelembaban di dalam toples juga perlu diperhatikan. Jika kelembaban terlalu tinggi, kue kering dapat menjadi lembek. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menempatkan silica gel dalam kemasan di dalam toples atau menggunakan garam yang dibungkus dengan kain bersih untuk menyerap kelembaban.

5. Simpan di Tempat Kering

Setelah kue kering disusun rapi dalam wadah atau toples, letakkan toples tersebut di tempat yang kering seperti meja makan atau ruang tamu.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan kue kering Anda tetap awet dan tetap renyah selama periode lebaran. Semoga bermanfaat! (*)

 

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Wiwie Heriyani dengan judul "5 Tips Menyimpan Kue Lebaran agar Awet dan Tetap Renyah".

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut