get app
inews
Aa Read Next : Mobil Helikopter Ciptaan Unik dari Seorang Pria di India

Suzuki Jimny 5 Pintu Diminati Mengapa Belum Diproduksi di Indonesia? Ternyata Ini jadi Alasan

Jum'at, 12 April 2024 | 05:16 WIB
header img
Ternyata ini alasan Suzuki Jimny 5 pintu belum diproduksi di Indonesia  (Foto: Suzuki)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Suzuki Jimny 5 pintu diluncurkan pada ajang Indonesia International MotorShow Februari 2024 lalu. Namun, mobil SUV ini diimpor secara utuh dari India (Completely Built-Up/CBU).

Status CBU tersebut membuat Suzuki mengalami kesulitan dalam memenuhi permintaan Jimny 5 pintu saat terjadi lonjakan pesanan. Pada tahap awal, konsumen yang melakukan pemesanan harus menunggu hingga dua bulan untuk mendapatkan unitnya.

Department Head Strategic Planning PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Joshi Prasetya, menjelaskan alasan belum diproduksinya Jimny di Indonesia. Salah satunya adalah karena permintaan di Tanah Air.

Deteksi Permintaan Pasar

Menurutnya, keputusan tersebut kembali pada permintaan pasar. Joshi mengungkapkan bahwa biasanya dibutuhkan kapasitas produksi sekitar 4.000 hingga 5.000 unit untuk membuat produksi secara lokal menjadi ekonomis. Namun, hal tersebut memerlukan investasi besar di awal untuk desain pabrik.

Meskipun respons di Indonesia terhadap Jimny 5 pintu positif, Suzuki belum menutup kemungkinan untuk memproduksinya di Indonesia. Suzuki masih menunggu hingga beberapa bulan ke depan untuk melihat minat konsumen yang sesungguhnya terbentuk.

Joshi menjelaskan bahwa Suzuki akan menunggu sampai euforia peluncuran mereda dan melihat titik minat yang realistis dalam beberapa bulan ke depan sebelum membuat keputusan lebih lanjut.

Saat ini, Suzuki fokus pada produksi mobil hybrid yang juga mengalami peningkatan permintaan di Indonesia. Suzuki bahkan berencana untuk memproduksi model hybrid lainnya di Indonesia, mengingat minat masyarakat yang signifikan terhadap mobil hybrid. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ternyata Ini Alasan Suzuki Jimny 5 Pintu Belum Diproduksi di Indonesia  ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/ternyata-ini-alasan-suzuki-jimny-5-pintu-belum-diproduksi-di-indonesia.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut