get app
inews
Aa Read Next : 448 Unit Suzuki Jimny 3 Pintu di Indonesia Kena Recall, Pompa Bahan Bakar Bermasalah

Mobil Patroli Hutan jadi Kendaraan Kota, Itulah Kisah Perjalanan Suzuki Jimny

Sabtu, 30 Maret 2024 | 05:36 WIB
header img
Awal Jimny lahir, Suzuki membuat mobil kecil, namun tangguh di segala medan digunakan untuk patroli hutan. (Foto: iNews.id/Anton Suhartono)

BOGOR, iNewsSerpong.id - Kehadiran Suzuki Jimny 5 pintu mendapat sambutan sangat positif  dalam debutnya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada Februari lalu.

Jimny telah absen dalam pasar Indonesia sebelumnya sebelum versi 3 pintu diluncurkan pada tahun 2018. Selama absen tersebut, Suzuki terus melakukan pengembangan terhadap Jimny tanpa menghilangkan karakteristik aslinya.

General Manager Strategic Planning PT SIS, Ei Mochizuki, menyatakan bahwa Jimny generasi terbaru ini dikembangkan sebagai mobil profesional, meskipun awalnya tidak ditujukan untuk penggunaan perkotaan.

"Seperti mobil-mobil profesional, mobil komersial. Ini khusus untuk pekerja, seperti mereka yang bekerja di hutan-hutan. Di Jepang, ada banyak gunung dan hutan, lebih banyak daripada di Indonesia. Di sana juga banyak industri," ungkap Mochizuki saat sesi test drive media di Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/3/2024).

Suzuki merancang mobil kecil namun tangguh di segala medan untuk memenuhi kebutuhan pekerja di lokasi seperti itu. Dari kebutuhan tersebut, lahirlah Jimny sebagai keicar atau mobil di bawah 1.000 cc. "Mereka membutuhkan mobil kecil namun tangguh, tahan, kuat, dan 4x4," tambahnya.

Dari sini, Jimny berkembang pesat. Kini, tidak hanya pekerja di hutan yang tertarik, tapi juga masyarakat perkotaan. Mochizuki menyebutkan bahwa keunggulan Jimny sebagai mobil SUV kompak juga cocok untuk penggunaan di jalanan kota, tetapi tetap mempertahankan fitur sebagai SUV 4x4.

Mobil ini siap digunakan untuk off-road meskipun tidak pada rute yang ekstrem. "Awalnya Jimny dibuat kecil, tapi di Indonesia mesinnya 1.5 liter, padahal dulu hanya 600 cc, itulah sebabnya disebut keicar. Memang Jimny ini dibuat untuk mobil profesional," jelas Mochizuki. (*)

 

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kisah Awal Suzuki Jimny Dibuat, dari Mobil Patroli Hutan Jadi Kendaraan Kota ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/kisah-awal-suzuki-jimny-dibuat-dari-mobil-patroli-hutan-jadi-kendaraan-kota.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut