get app
inews
Aa Read Next : Kopassus Kongo Minta Agar Dilatih TNI, Menhan Prabowo: Segera Direalisasikan

7 Fakta Kopassus, Diantaranya Aksi Heroik dalam Operasi Woyla

Senin, 01 April 2024 | 05:38 WIB
header img
Setidaknya ada tujuh fakta Kopassus yang tercatat dalam sejarah panjang pembentukan korps yang dikenal dengan Baret Merah tersebut. (Foto: Ist)

6. Aksi Heroik Kopassus di Operasi Woyla

Salah satu momen terkenal Kopassus adalah saat terlibat dalam Operasi Woyla pada 1981, yang melibatkan pembebasan sandera dari pesawat Garuda Indonesia Penerbangan 206 di Bandar Udara Don Mueang, Bangkok, Thailand. Kopassus berhasil membebaskan seluruh penumpang dalam waktu singkat dengan keahlian yang luar biasa, mendapat pengakuan internasional.

7. Idjon Djanbi Komandan Kopassus Pertama

Rokus Bernardus Visser, yang kemudian menjadi Mochammad Idjon Djanbi, adalah komandan pertama Kopassus. Dia dipilih untuk memimpin pasukan khusus ini pada 1952, dan melatih para perwira dan bintara dalam pembentukan pasukan tersebut.

Demikianlah tujuh fakta menarik terkait sejarah dan perjalanan Kopassus, dari pembentukan hingga prestasi-prestasi yang dicapai. (*)

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Mohammad Atik Fajardin dengan judul "7 Fakta Kopassus, Nomor Terakhir Komandan Pertama Baret Merah | Halaman Lengkap".

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut