get app
inews
Aa Read Next : Motor Listrik Vespa Elettrica Disukai Konsumen, Ayu Hapsari : Angka Penjualan Rahasia

Pembeli Mobil Listrik Kebanyakan Konsumen Orang Kaya dan Beli Tunai 

Kamis, 04 April 2024 | 09:46 WIB
header img
Adira Finance mengungkapkan kebanyakan pembeli EV adalah masyarakat kelas atas dan membeli secara tunai. (Foto: iNews.id)  

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Konsumen mobil listrik masih didominasi oleh kalangan orang kaya. Hal tersebut mempengaruhi akselerasi perusahaan pembiayaan kendaraan.

Direktur Utama Adira Finance, I Dewa Made Susila, mengakui bahwa kendaraan listrik merupakan segmen yang sedang berkembang, namun belum memberikan dampak yang signifikan pada perusahaan pembiayaan (leasing).

"Memang (EV) merupakan salah satu yang diharapkan akan tumbuh. Namun, di Indonesia ini baru sebatas awal. Masih diperlukan dukungan infrastruktur yang memadai. Mayoritas pembeli EV adalah masyarakat kelas atas dan banyak yang membeli secara tunai," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Harga Purna Jual

Dia mencatat bahwa jumlah pembiayaan kendaraan listrik, baik sepeda motor maupun mobil, masih kurang dari Rp200 miliar. Angka ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan total pembiayaan Adira.

Dalam laporan keuangannya, Adira Finance mencatat pertumbuhan pembiayaan sebesar 31 persen year on year (y/y) atau mencapai Rp41,6 triliun pada tahun 2023. Berdasarkan pencapaian ini, Adira menetapkan target pertumbuhan pembiayaan baru sebesar 15 persen pada tahun 2024.

"Dalam pasar yang masih kecil ini, Adira sangat antusias untuk menggarap kendaraan listrik karena masih pada tahap awal. Pada pameran IIMS 2024, terlihat bahwa salah satu perhatian pengunjung adalah mobil listrik," tambahnya.

Dia menegaskan bahwa salah satu perhatian utama adalah harga purna jual dari kendaraan listrik tersebut. Hal ini akan menjadi perhatian utama dalam beberapa tahun ke depan, terutama terkait risiko pembiayaan kendaraan listrik.

"Yang menjadi tantangan adalah harga kendaraan bekasnya. Hal ini akan menjadi parameter untuk mengukur tingkat risiko kreditnya," tambah I Dewa Made. (*)

 

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Bicara Mobil Listrik, Adira Ungkap Kebanyakan Konsumen Orang Kaya Beli Tunai  ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/bicara-mobil-listrik-adira-ungkap-kebanyakan-konsumen-orang-kaya-beli-tunai.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut