get app
inews
Aa Read Next : Dinas Kesehatan Kota Tangerang Deteksi Dini 20.000 Warganya Alami Obesitas

Dari Sekian Jenis Kanker Pada Anak, Hanya Satu Dapat Dideteksi Secara Dini, Kanker Bola Mata

Kamis, 17 Februari 2022 | 07:40 WIB
header img
Ajarkan pola hidup yang baik kepada anak-anak sejak dini supaya mereka bisa terhindar dari kanker. (Foto/Ilustrasi : iNewsSerpong)


Anda bertanya, dokter menjawab. (Foto: iNewsSerpong)

 

TANYA - JAWAB

Apa penyebab kanker pada anak?

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker pada anak.

Apakah kanker pada anak dapat dicegah?

Kalau pada dewasa, jika tidak mau kena kanker paru, ya jangan merokok. Kalau tidak mau terkena kanker usus besar, ya makan sayur, jangan makan daging saja.

Intinya adalah kanker pada orang dewasa dapat dicegah melalui pola hidup yang sehat. Berbeda dengan kanker pada anak. Kanker pada anak tidak dapat dicegah.

Namun, walaupun demikian, tetap kita harus ajarkan pola hidup yang baik kepada anak-anak sejak dini supaya mereka bisa terhindar dari kanker yang timbul pada usia dewasa.

Sebagai contoh, penting bagi orangtua untuk mengajarkan anaknya untuk tidak merokok. Harapannya adalah agar anak dapat terhindar dari kanker paru, jenis kanker yang hanya terdapat pada orang dewasa.


Belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker pada anak. (Foto : Ist)

Apakah kanker pada anak dapat dideteksi dini?

Dari sekian jenis kanker pada anak, hanya satu yang dapat dideteksi secara dini, yaitu kanker bola mata atau dikenal dengan istilah retinoblastoma. Alat yang digunakan untuk mendeteksi dini kanker bola mata disebut “Lihat Merah”.

Melalui alat yang dinamakan oftalmoskop, kalau terlihat pantulan cahaya berwarna merah dari kedua bola mata, berarti kedua bola matanya normal.

Namun, kalau dari salah satu atau kedua bola mata tidak terlihat pantulan cahaya berwarna merah, diduga anak tersebut terkena kanker bola mata.

Segera ke dokter mata untuk konfirmasi apakah benar anak ini terkena kanker bola mata atau penyakit mata lainnya.

Itu makanya kenapa pada kanker anak tidak ada istilah deteksi dini seperti pada dewasa. Pada kanker anak, mungkin lebih tepat kalau disebut, mewaspadai gejala kanker pada anak. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut