get app
inews
Aa Read Next : Adakah Obat Selain Kemoterapi Bagi Anak Yang Tekena Kanker?

Kanker Dapat Menyerang Pada Semua Organ Yang Ada Di Dalam Tubuh Anak

Senin, 21 Februari 2022 | 06:00 WIB
header img
Secara sederhana, kanker pada anak dibagi atas dua kelompok besar, yaitu cair dan padat. (Foto : iNewsSerpong)

Anda bertanya, dokter menjawab. (Foto: iNewsSerpong)

TANYA - JAWAB

1. Anak-anak bisa terkena kanker apa saja?

Secara sederhana, kanker pada anak dibagi atas dua kelompok besar, cair dan padat. Kanker darah (leukemia) adalah contoh dari kanker yang bentuknya cair.

Sementara kanker padat, contohnya kanker otak, kanker bola mata, kanker nasofaring, kanker kelenjar getah bening, kanker hati, kanker ginjal, kanker otot polos, kanker saraf tepi, dan kanker-kanker pada organ tubuh lainnya.

Jadi, kalau diperhatikan, kanker dapat terjadi pada semua organ yang ada di dalam tubuh seorang anak. Satu hal lagi, mengenai istilah stadium. Mendengar kata kanker, masyarakat selanjutnya pasti akan bertanya, “Stadium berapa?”

Stadium adalah istilah yang digunakan hanya untuk kanker padat. Kanker darah tidak ada istilah stadium, tapi risiko, yaitu risiko biasa dan risiko tinggi.

Perlu diketahui juga bahwa kanker pada anak tidak dijumpai pada orang dewasa.Sebaliknya kanker pada orang dewasa tidak dijumpai pada anak. Hal ini terjadi karena sel anak dan dewasa berbeda karakteristiknya.

2. Bagaimana menegakkan diagnosis kanker cair dan padat?

Kanker cair, dalam hal ini leukemia, hanya dapat didiagnosis dengan pemeriksaan aspirasi sumsum tulang. Leukemia tidak dapat didiagnosis hanya dengan pemeriksaan darah biasa.

Hasil pemeriksaan darah hanya dapat mengarahkan dokter untuk menyebutnya sebagai tersangka leukemia. Tetap harus dilanjutkan dengan pemeriksaan aspirasi sumsum tulang.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut