get app
inews
Aa Read Next : Aion Mobil Listrik Baru dari China, Siap Jajal Pasar Otomotif Indonesia  

Ukuran Ban Aneh Ganti Lebih Susah, itu Fakta Motor Listrik China yang Menjamur di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 | 15:31 WIB
header img
Ukuran ban aneh. Untuk membongkar dan memasang ban motor listrik China lebih sulit, karena menyatu dengan elektrik motor serta ukurannya beda. (Foto/Ilustrasi : iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id -  Tak kurang dari 59 pabrikan motor listrik yang sudah memproduksi kendaraan di Tanah Air. Namun, sebagian besar komponennya masih diimpor dari China seperti ban, bahkan ada yang masih diboyong utuh alias CBU.

Chief Operating Officer (COO) Planet Ban, Deden Hendra Shakti, mengatakan bahwa hal ini terjadi karena masih sedikit produsen yang memproduksi ban khusus untuk motor listrik. Apalagi ban motor listrik dan kendaraan konvensional memiliki perbedaan.

Motor listrik memiliki karakter torsinya yang besar sehingga membutuhkan ban khusus. Jika menggunakan ban biasa, ban akan cepat aus.

Selain itu, menurut Deden, membongkar dan memasang ban motor listrik lebih sulit. Ini karena ban kendaraan listrik, terutama bagian belakang, menyatu dengan motor listrik.

"Kebanyakan motor listrik memiliki motor listrik di bagian belakang. Ini menjadi masalah saat membongkar pasang ban. Kami tidak bisa menggunakan mesin untuk membongkarnya, harus secara manual karena ada motor listrik di dalamnya," ujar Deden di Jakarta.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut