get app
inews
Aa Read Next : Catat, Kena Denda Rp500 Ribu atau Penjara 2 Bulan, Nekat Nyalip di Bahu Jalan Tol

Jalan Tol di IKN Siap Dioperasikan Mulai Agustus 2024

Kamis, 09 Mei 2024 | 06:06 WIB
header img
Jalan tol di Ibu Kota Negara (IKN) bakal digratiskan pada 17 Agustus 2024. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Tol IKN (Ibu Kota Nusantara) sepanjang 27 Km akan beroperasi secara gratis. Hal itu dilakukan untuk menyambut tamu undangan di perayaan upacara Kemerdekaan 17 Agustus mendatang di IKN.

Nantinya, kendaraan dari Ruas Tol Balikpapan - Samarinda dari Balikpapan bisa masuk ke Tol IKN di km 11. Kemudian berjalan sepanjang 27 Km dan hingga jembatan pulau balang sebelum masuk kawasan IKN.

Basuki menjelaskan, saat ini progres pembangunan Tol IKN saat ini sudah berjalan untuk 3 seksi. Seksi 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

"Sepanjang 27 km dari Balikpapan melalui Tol Balsam sampai ke Jembatan Pulau Balang, itu yang akan kita manfaatkan pada 17 agustus 2024 sebanyak 3 lajur. Belum bertarif masih fungsional," ujar Basuki saat meninjau Proyek IKN, Selasa (7/5/2024).

Lebih lanjut, Menteri Basuki menjelaskan progres pembangunan Tol IKN Seksi 3A Karang Joang-KKT Kariangau sendiri sudah sekitar 77 persen. Seksi 3B KKT Kariangau-KKT Tempadung sudah mencapai 6,13 persen. Sedangkan seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sudah sekitar 85 persen.

"Secara fisik tidak ada hambatan, tetapi ada sedikit hambatan di lokasinya, tetapi kita upayakan akan selesai semua Agustus," kata Basuki.

Jalan Tol IKN ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju KIPP IKN yang semulanya apabila melewati Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 dengan jarak 95 km, menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.

Biaya pembangunan Tol IKN untuk 3 seksi tersebut Rp6,8 triliun. Ketiga seksi ini ditargetkan rampung dan fungsional pada Juli 2024 dan dapat digunakan tanpa tarif untuk mendukung penyelenggaraan upacara kemerdekaan 17 Agustus.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut