get app
inews
Aa Read Next : Anies Baswedan Didukung Jusuf Kalla Maju Pilgub Jakarta 2024

Sejumlah Elite Gerindra dan Mantan TKN Prabowo-Gibran Mulai Isi Jabatan Komisaris BUMN

Rabu, 12 Juni 2024 | 06:50 WIB
header img
Kementerian BUMN memastikan belum ada IPO perusahaan pelat merah dan anak usahanya sepanjang tahun ini. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sejumlah elite Partai Gerindra dan mantan anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 mulai mengisi jabatan komisaris BUMN.

Penunjukan kader Gerindra dan mantan anggota TKN sebagai komisaris di BUMN dilakukan tidak lama setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Posisi Strategis di BUMN

Hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari Kementerian BUMN selaku pemegang saham perseroan terkait alasan penunjukan orang terdekat Prabowo-Gibran yang mengisi posisi strategis di BUMN.

Berikut daftar elite Gerindra dan mantan anggota TKN yang menjadi petinggi BUMN:

1. Simon Aloysius Mantiri

Simon Aloysius Mantiri diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) pada Senin (10/6/2024). Ia menggantikan posisi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mundur sejak 2 Februari 2024.

Simon merupakan salah satu orang dekat Prabowo Subianto dan saat ini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Dewan Pembina DPP Gerindra. Dalam Pilpres 2024, Simon berperan sebagai Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

2. Siti Nurizka Puteri

Kader Gerindra Siti Nurizka Puteri Jaya diangkat menjadi Komisaris Utama (Komut) PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang sejak 15 Mei 2024.

Saat ini, Siti aktif sebagai anggota Komisi III DPR RI dan memegang posisi strategis di internal DPP Partai Gerindra. Sejak 2015-2020, dia pernah mengisi posisi kepala pemberdayaan wanita dan kepala hukum administrasi.

3. Condro Kirono

Kementerian BUMN menunjuk Condro Kirono sebagai Komisaris Independen Pertamina bersamaan dengan pengangkatan Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama.

Dalam Pilpres 2024, Condro merupakan Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran dan purnawirawan Polri dengan pangkat terakhir Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol).

4. Fuad Bawazier

Fuad Bawazier diangkat sebagai Komisaris Utama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID melalui RUPST Tahun Buku 2023.

Fuad masuk ke Partai Gerindra pada 2014 dan menjabat sebagai anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

5. Grace Natalie Louisa

Grace Natalie Louisa, mantan anggota TKN Prabowo-Gibran, diangkat sebagai Komisaris MIND ID bersamaan dengan Fuad Bawazier.

Pada 2014, Grace mendirikan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang menjadi partai pengusung Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024. Grace dipercaya menjadi juru bicara (Jubir) Prabowo-Gibran.

Penunjukan kader Gerindra dan mantan anggota TKN Prabowo-Gibran ini mencerminkan pengaruh politik yang signifikan dalam pengisian posisi strategis di BUMN. (*)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut