get app
inews
Aa Read Next : Isu Jokowi Dukung Ridwan Kamil untuk Jegal Anies Baswedan di Pilgub Jakarta Berhembus Kencang

Anies Baswedan - Cak Imin Putuskan Maju ke MK usai Pengumuman Hasil Pilpres 2024

Kamis, 21 Maret 2024 | 04:51 WIB
header img
Sikap Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menggugat hasil pilpres ke MK. (Foto: MPI).

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Anies Baswedan dan Cak Imin (AMIN), selaku pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 1, menyatakan sikap mengajukan gugatan terhadap hasil Pemilihan Presiden 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

AMIN menilai bahwa terdapat banyak ketidaknormalan dan penyimpangan dalam proses pemilihan tersebut.

"Kami memutuskan bahwa tim hukum AMIN akan melangkah ke MK untuk menyampaikan kekurangan dan penyimpangan yang terjadi dalam proses pemilihan presiden," ujar Cak Imin dalam unggahannya di Instagram, pada Rabu (21/3/2024).

Penyimpangan dan Ketidakwajaran

Menurutnya, sebelum pemungutan suara, terdapat temuan tentang penyimpangan dan ketidakwajaran dalam proses pemilihan presiden, mulai dari rekayasa regulasi hingga intervensi alat negara, yang telah dicatat oleh media dan menjadi sorotan publik.

"Kami mengajak para relawan dan pendukung untuk mendukung langkah tim hukum secara konstitusional dan mematuhi etika demokrasi guna menjaga perdamaian dan persatuan," tambah Cak Imin.

Sementara itu, Anies Baswedan menyatakan bahwa dalam prinsip negara demokrasi modern, langkah yang tepat ketika menemui penyimpangan adalah membawa bukti-bukti ke Mahkamah Konstitusi.

Ia menegaskan bahwa langkah yang diambil oleh AMIN bukanlah bentuk kemarahan atau agitasi terhadap hasil pemilu. "Langkah selanjutnya bukanlah untuk marah-marah atau mengadu domba masyarakat, tetapi untuk mengumpulkan bukti yang kemudian akan disampaikan kepada hakim konstitusi," tegasnya.

Dalam hasil perhitungan suara yang diumumkan oleh KPU, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh total suara sebanyak 96.214.691 atau 58,90 persen.

Sedangkan pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, meraih 40.971.906 suara atau 24,94 persen. Pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, memperoleh 27.040.878 suara atau 16,46 persen dari total suara. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Sikap AMIN usai Pengumuman Hasil Pilpres 2024: Kami Putuskan Maju ke MK ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/sikap-amin-usai-pengumuman-hasil-pilpres-2024-kami-putuskan-maju-ke-mk.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut