get app
inews
Aa Read Next : BMW Gandeng Great Wall Motor dari China, Produksi Mobil Listrik Murah  

Naik 17 Persen! Pertamina Raih Laba Jumbo Rp72 Triliun Tahun Buku 2023

Rabu, 12 Juni 2024 | 17:28 WIB
header img
Pertamina raih laba jumbo Rp72 triliun (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sepanjang 2023, PT Pertamina (Persero) membukukan laba bersih sebesar 4,44 miliar dolar AS atau sekitar Rp72 triliun (kurs Rp16.300 per dolar AS). Angka ini naik 17 persen dibanding tahun lalu.

Profit perusahaan naik sebesar 17 persen, membukukan laba bersih yang meningkat dari 2022 sebesar 3,81 miliar dolar AS menjadi 4,44 miliar dolar AS atau ekuivalen Rp62 triliun untuk entitas induk, kalau total sebesar Rp72 triliun.

Demikian dibeberkan Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Rabu (12/6/2024).

Kondisi Parameter Global

Menurut Emma, kinerja Pertamina sepanjang 2023 dipengaruhi oleh kondisi parameter global yang sangat tidak menentu, seperti melemahnya kurs dan penurunan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP).

Namun, kata Emma, Pertamina tetap bisa meningkatkan kinerja operasional. Salah satunya adalah produksi migas yang naik 8 persen menjadi 1,044 juta barel setara minyak per hari (BOPD).

Maka dari itu, menurutnya, hal ini menunjukkan upaya perseroan dalam meningkatkan kinerja operasional di tengah melemahnya berbagai parameter tersebut.

"Jadi Pertamina tetap tumbuh dan meraih kinerja positif di tengah situasi global yang serba tidak pasti dan di tengah turunnya parameter ICP, namun profit kita tetap meningkat," katanya. (*)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut