get app
inews
Aa Read Next : Dalam Orasi Ilmiah, Bachtiar A Kusuma Mengajak Mahasiswa Baru UIN Alauddin Tingkatkan Budaya Baca

Alimuddin : Pendidikan adalah Pondasi Utama dari Segala Kemajuan

Rabu, 26 Juni 2024 | 07:16 WIB
header img
Ketua Umum Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Turatea, Dr H Alimuddin, tampil sebagai narasumber dalam program Talkshow Pabicara, pada Selasa (25/6/2024). (Foto: Ist)  

BONTOSUNGGU, iNewsSerpong.id - Pendidikan adalah pondasi utama dari segala kemajuan. Tak ada manusia yang bisa mengubah nasibnya tanpa dengan melakukan usaha dan ikhtiar untuk berubah. Dan lewat pendidikan yang baik manusia bisa mengubah nasibnya.

Demikian ditegaskan Ketua Umum Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Turatea (PP KKT) Dr H Alimuddin, dalam program Talkshow Pabicara, yang digelar Pattiro Jeka dan Sahabat Literasi, pada Selasa (25/6/2024). Talkshow yang dipandu Haerullah Lodjik, dihadiri para aktivis, pemerhati pendidikan anak dan  pegiat literasi.

Alimuddin membeberkan ada empat pilar yang perlu memeroleh perhatian guna memajukan pendidikan dan literasi di Kabupaten Jeneponto. Pertama, perlunya database anak-anak usia sekolah di Jeneponto.

Pendidikan Tepat Sasaran

Tujuannya, ungkap pendiri Universitas Mega Rezky Makassar ini, untuk memetakan program yang akan diberikan pada anak-anak Jeneponto agar tepat sasaran. Kedua, jangan biarkan anak-anak Jeneponto putus sekolah hanya karena faktor biaya.

Ketiga,  perlu adanya program pendidikan anak-anak Jeneponto untuk belajar keluar negeri sebagai tuntutan global dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Keempat, pemerintah harus hadir dalam memajukan pendidikan di Jeneponto dengan memberikan program bantuan kepada anak-anak yang memiliki kemampuan akademik, tetapi tidak memiliki kemampuan ekonomi” kata Alimuddin. 

Karena itu, Alimuddin, yakin betul bahwa pendidikan adalah pondasi utama dari segala kemajuan. “Lewat pendidikan yang baik, maka manusia bisa mengubah nasibnya” papar Alimuddin, yang juga Caleg DPRD Provinsi Sulsel terpilih 2024-2029.

Menurut Alimuddin, pengalaman pahit hanya akan  indah saat diceritakan, tetapi betul-betul terasa pahit saat dijalani. Dia berpesan agar para pemuda dan anak-anak Jeneponto jangan berhenti menempuh pendidikan hanya karena faktor biaya. "Petik setiap peluang yang ada," ajaknya.

Sementara itu, Penulis Nasional Bachtiar Adnan Kusuma, mengapresiasi  Alimuddin, selain sebagai politisi  juga  fokus pada penguatan sumber daya pendidikan.  "Alimuddin adalah politisi yang concern dengan pendidikan," ungkap Bachtiar yang juga tercatat sebagai Ketua Harian DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan. (*)

 

 

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut