get app
inews
Aa Read Next : Segini Harganya, Mobil Listrik Mercedes EQE 350 4MATIC AMG Mengaspal di Indonesia

Kapan Mobil Listrik akan Setara Harganya dengan Mobil Bensin? Harga Baterai EV Sudah Turun

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 05:00 WIB
header img
Baterai merupakan salah satu faktor kunci dalam menentukan harga mobil listrik, di samping aspek lainnya seperti penelitian, pengembangan, perakitan, dan produksi. (Foto: SINDOnews/Danang Arradian)

Selain itu, ada jeda waktu antara penurunan biaya baterai dan penerapannya dalam kendaraan baru.

Analis Goldman Sachs Nikhil Bhandari memperkirakan bahwa titik impas antara EV dan mobil dengan mesin pembakaran internal (ICE), tanpa subsidi pemerintah, akan tercapai di AS sekitar tahun 2025 hingga 2026 seiring dengan penurunan harga baterai.

Biaya kepemilikan tidak hanya mencakup harga kendaraan itu sendiri tetapi juga biaya bahan bakar atau pengisian baterai, perawatan, dan pemeliharaan sepanjang masa pakai kendaraan.

Goldman Sachs' prediksi tampaknya sejalan dengan komentar Elon Musk yang menyatakan, “Kami berada di jalur untuk menghadirkan model yang lebih terjangkau pada paruh pertama 2025.”

Penurunan suku bunga oleh Federal Reserve serta insentif elektrifikasi dari pemerintah juga kemungkinan akan berperan mendorong permintaan.

Setelah harga menurun di bawah titik impas, "maka kendaraan listrik benar-benar menjadi mesin uang," ungkap Tom Narayan, analis otomotif global di RBC Capital Markets, menyoroti keuntungan biaya dari tidak perlunya menyertakan konverter katalitik, mesin, atau transmisi yang ada pada kendaraan ICE. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Jumat, 16 Agustus 2024 - 15:30 WIB oleh Danang Arradian dengan judul "Harga Baterai EV Turun, Kapan Mobil Listrik Semurah Mobil Bensin? | Halaman Lengkap."

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut