get app
inews
Aa Read Next : Mata-mata Seks Rusia Dilatih Sebagai Manipulator Ulung

Bisa Membunuh Miliaran Orang dalam Beberapa Menit, Inilah Kehebatan Senjata Nuklir Rusia

Senin, 28 Februari 2022 | 19:32 WIB
header img
Senjata nuklir Rusia (Foto: Creative Commons)

RUSIA, iNewsSerpong.id - Rusia disebut-sebut memiliki gudang senjata nuklir yang sangat besar.Pertanyaan pun banyak bermunculan seperti seberapa kuat senjata nuklir itu? Lalu senjata macam apa yang dimiliki Presiden Rusia Vladimir Putin? Selama Perang Dingin, ketakutan akan 'Armagedon nuklir' yang akan menghancurkan Bumi sangat terasa. Dan saat ini Rusia disebut-sebut memiliki kemampuan nuklir terbesar dan salah satu yang paling ambisius di dunia.

Saat ini, sembilan negara memiliki kemampuan senjata nuklir. Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, Israel, Rusia, China, India, Pakistan, dan Korea Utara memiliki cadangan nuklir gabungan sekitar 13.500 hulu ledak, meskipun jumlah itu termasuk hulu ledak nuklir yang dikerahkan, dicadangkan, dan ditimbun.

AS dan Rusia adalah negara yang memiliki senjata nuklir terbesar di dunia yakni masing-masing sekitar 5.800 dan 6.400 hulu ledak nuklir. Inggris dan Prancis merupakan kekuatan nuklir Empat Besar lainnya, termasuk China, yang dapat menggunakan senjata nuklir siap dikerahkan. Ini berarti rudal yang siap untuk ditembakkan pada saat itu juga atau disimpan dalam pangkalan dan siaga operasional.

Triad nuklir Rusia yakni darat, udara, air difokuskan terutama pada Pasukan Roket Strategis, mereka terpisah dari militer Rusia dan landasan persenjataan nuklirnya. Mereka bertanggung jawab atas rudal balistik antarbenua Rusia, yakni sekitar 310 orang yang dapat membawa hingga 1.189 hulu ledak nuklir.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut