get app
inews
Aa Read Next : Usai Didukung Perindo Maju Pilbup Tangerang, Maesyal - Intan Siapkan Program Unggulan

Maesyal-Intan Ungguli Romli-Irvansah, Dijagokan Empat Lembaga Survei

Rabu, 21 Agustus 2024 | 13:42 WIB
header img
Pasangan Moch Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah menunjukkan dominasi dalam berbagai survei untuk Pilkada Kabupaten Tangerang 2024. (Foto: Ist)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Moch Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah mengungguli Mad Romli-Irvansah untuk Pilbup Tangerang 2024. Empat lembaga survei telah merilis hasil survei terbaru.

Lembaga survei yang merilis hasil tersebut adalah Lembaga Survei Indonesia (LSI), Indikator Politik Indonesia, Pandawa Research, dan Arus Survei Indonesia (ASI).

Survei LSI, baik dalam simulasi dengan 11 nama maupun head to head, menunjukkan bahwa kedua kandidat tersebut paling menonjol dan konsisten.

Head to Head

Pada urutan teratas, Moch Maesyal Rasyid memperoleh 40,6% dalam simulasi head to head, sementara Mad Romli mendapatkan 37,5%. Meskipun keduanya saling bersaing ketat, selisih dukungan mereka tidak signifikan.

Adapun survei oleh Indikator Politik Indonesia mengungkapkan bahwa Maesyal Rasyid meraih sebutan terbanyak dari masyarakat.

Dalam simulasi top of mind, yang mengukur loyalitas dan spontanitas responden, Maesyal Rasyid memperoleh persentase 22,3%, diikuti oleh Mad Romli dengan 13,6%. Sebanyak 53,9% responden mengaku belum membuat keputusan.

Lalu, Pandawa Research juga menunjukkan Mochamad Maesyal Rasyid berada di posisi teratas dengan dukungan 33,4%, serta memiliki pendukung kuat (strong supporters) sebesar 21,0% dan tingkat pengenalan 66,1%.

Sementara itu, Mad Romli memperoleh dukungan sebesar 24,3%, dengan pendukung kuat 11,7% dan tingkat pengenalan 76,4%.

Selanjutnya, Survei ASI mencatat elektabilitas Maesyal Rasyid di angka 42,2% (urutan pertama), diikuti oleh Mad Romli dengan 33,2%, sementara 24,7% responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 4.560 responden yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling.

Pelaksanaan survei berlangsung dari 28 Juli hingga 3 Agustus 2024, dengan sampel diambil dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang secara proporsional. Margin of error survei ini diperkirakan kurang lebih 5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut