get app
inews
Aa Read Next : Kutip Dalil, Celaka Orang yang Shalat Namun Tidak Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar

Apa Saja 6 Fakta Ilmiah yang Termuat di Alquran?

Rabu, 02 Maret 2022 | 06:36 WIB
header img
6 fakta ilmiah yang termuat di Alquran, apa saja? (Foto: Gotest)

JAKARTA, iNewsSerpong.idAlquran bukan cuma menjadi mukjizat Nabi Muhammad SAW, melainkan sebagai panduan kehidupan bagi umat muslim dan tidak hanya dalam hal agama, tetapi juga sains.

Dirangkum dari YouTube Data Fakta, Senin (28/2/2022), meskipun telah diturunkan ribuan tahun lalu, Alquran ternyata menjelaskan banyak fenomena ilmiah.

Hal itu, terbukti ketika sejumlah teori ilmiah ditemukan lantas dicocokkan dengan sejumlah ayat Alquran, ternyata keduanya memiliki kesesuaian di mana tidak hanya satu atau dua penemuan saja, namun banyak sekali.

Berikut rangkuman enam fakta ilmiah terkait kehidupan yang telah dijelaskan dalam Alquran.

1. Asal Kehidupan

Jauh sebelum para filsuf kuno menyebutkan bahwa air adalah asal kehidupan dan para peneliti sains menemukan fakta bahwa 70% sel tubuh makhluk hidup tersusun dari air, Al-Qur’an telah lebih dulu menjelaskan betapa air adalah salah satu awal mula kehidupan. Hal itu sebagaimana yang tertuang dalam Surat Al Anbiya ayat 30:

اَوَلَمْ يَرَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنٰهُمَاۗ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّۗ اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ

Artinya: Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulunya menyatu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?”

2. Besi Diturunkan dari Langit

Perlu waktu bertahun-tahun bagi para ilmuwan untuk meyakini bahwa besi bukanlah berasal dari perut atau bagian dalam bumi. Penelitian modern yang dilakukan oleh Dr Frosch sebagai ilmuwan dari NASA (Lembaga Astronomi Amerika Serikat) akhirnya mengungkap lewat uji laboratorium bahwa bumi tidak memproduksi besi.

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa besi kemungkinan diturunkan dari langit. Dan hal itu juga sesuai dengan penjelasan dalam Al-Qur’an Surat Al Hadid ayat 25 berikut ini:

وَاَنْزَلْنَا الْحَدِيْدَ فِيْهِ بَأْسٌ شَدِيْدٌ وَّمَنَافِعُ لِلنَّاسِ

Artinya: Dan Kami menciptakan besi yang mempunyai kekuatan, hebat dan banyak manfaat bagi manusia.

Penjelasan ilmiah dari ayat itu adalah fenomena Supernova atau ledakan bintang yang jatuh ke bumi dan menjadi sebuah logam keras dan kuat.

3. Langit Sebagai Pelindung Bumi

Sebagian besar manusia tentu sudah memahami betapa pentingnya keberadaan langit bagi bumi, mulai dari menjaga suhu dan temperatur hingga menjadi ‘pertahanan’ bumi dari benda asing yang ada di luar angkasa apabila masuk ke bumi.

Secara jelas dan gamblang Allah SWT pun telah menjelaskan hal itu lewat firman NYA dalam QS Al Anbiya ayat 32 berikut:

وَجَعَلْنَا السَّمَاۤءَ سَقْفًا مَّحْفُوْظًاۚ وَهُمْ عَنْ اٰيٰتِهَا مُعْرِضُوْنَ

Artinya: Dan Kami menjadikan langit sebagai atap yang terpelihara, namun mereka tetap berpaling dari tanda-tanda (kebesaran Allah) itu (matahari, bulan, angin, awan, dan lain-lain).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut