get app
inews
Aa Read Next : Kutip Dalil, Celaka Orang yang Shalat Namun Tidak Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar

Apa Saja 6 Fakta Ilmiah yang Termuat di Alquran?

Rabu, 02 Maret 2022 | 06:36 WIB
header img
6 fakta ilmiah yang termuat di Alquran, apa saja? (Foto: Gotest)

4. Keberadaan Pegunungan sebagai Pasak Bumi

Pegunungan yang ada di bumi tidak hanya membuat panorama dari planet tempat kita tercinta ini menjadi indah, namun gunung juga menjadi semacam pasak bumi yang membuat tanah tempat tinggal manusia ini seimbang.

Sains telah menjelaskan hal itu dimana Profesor Emeritus Frank Press mengemukakan teori dalam buku berjudul ‘Earth’ bahwa gunung-gunung mempunyai akar di bawah mereka yang tertancap kuat di dalam bumi sehingga pegunungan menjadi semacam pasak bumi. Penemuan itu pun sejalan dengan Al Qur’an surat An Naba ayat 6-7 berikut:

اَلَمْ نَجْعَلِ الْاَرْضَ مِهٰدًاۙ وَّالْجِبَالَ اَوْتَاد

Artinya: Bukankah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan, dan gunung-gunung sebagai pasak?

5. Orbit Matahari

Dahulu sains meyakini bahwa matahari tidak berputar dan planet-planet yang ada disekitarnya, termasuk bumi, adalah yang berputar mengelilinginya.

Fakta itu dikemukakan oleh Nicholas Copernicus dan terus bertahan hingga akhirnya ilmuwan modern mengungkap temuan terbaru bahwa matahari juga ternyata bergerak memutar sebagaimana planet lainnya.

Dan lagi-lagi, jauh sebelum ilmuwan menemukannya, Al-Qur’an telah lebih dulu menjelaskannya dalam surat Al Anbiya Ayat 33 yang menjelaskan secara gamblang berikut ini:

وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَۗ كُلٌّ فِيْ فَلَكٍ يَّسْبَحُوْنَ

Artinya: Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing beredar pada garis edarnya.

6. Rasa Sakit Tergantung Pada Kulit

Seluruh manusia tentu mengenal apa itu rasa sakit, namun penjelasan ilmiah terhadap adanya rasa sakit itu baru diketahui beberapa waktu belakangan ini dimana ternyata rasa sakit itu sendiri berasal dari kulit dan bukan dari otak.

Sains menjelaskan bahwa kulit kita memiliki syaraf khusus sebagai reseptor rasa sakit. Penemuan itu juga sejalan dengan Al-Qur’an Surat An-Nisa ayat 56 berikut:

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِاٰيٰتِنَا سَوْفَ نُصْلِيْهِمْ نَارًاۗ كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُوْدُهُمْ بَدَّلْنٰهُمْ جُلُوْدًا غَيْرَهَا لِيَذُوْقُوا الْعَذَابَۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَزِيْزًا حَكِيْمًا

Artinya: Sungguh, orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti dengan kulit yang lain, agar mereka merasakan azab.

Ayat tersebut dapat dipahami bahwa kulit lah yang menyebabkan adanya rasa sakit itu sendiri dengan perumpamaan mekanisme azab yang dilakukan oleh-Nya. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut