get app
inews
Aa Read Next : Terjadi di Ciamis, Suami Mutilasi Istri Jadi 4 Bagian

Bisa Lihat Samudera Awan, Desa di Ciamis Bagaikan Negeri Dongeng

Selasa, 03 September 2024 | 07:46 WIB
header img
Desa di Ciamis Punya Pemandangan Cantik Mirip Negeri Dongeng, Bisa Lihat Samudera Awan (Foto: Instagram @abdurrohman_photography)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Keindahan alam yang ada di Ciamis harus dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Ya, Ciamis menyimpan destinasi perbukitan yang cantik mirip negeri dongeng

Lokasinya berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Siapa saja yang berkunjung dijamin akan betah untuk berlama-lama.

Perlu diketahui, Jawa Barat tidak hanya memiliki Bandung dan Bogor yang terkenal dengan keindahan alamnya. Jika berkunjung ke arah timur Jawa Barat, Anda akan menemukan Kabupaten Ciamis yang menyimpan objek wisata eksotis.

Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap ini menyimpan panorama alam berupa perbukitan. Di salah satu bukit tersebut terdapat Puncak Bangku.

Puncak ini terkenal dengan pemandangan samudera awan yang memesona. Keindahannya mirip negeri dongeng. Kabut awan putih pada pagi hari menjadi daya pikat bagi wisatawan. Gulungan awan menutupi perbukitan di Ciamis.

"Syahdunya negeri di atas awan Puncak Bangku. Objek wisata yang berada di Desa Situmandala, Ciamis ini sangat terkenal dengan keindahan samudera awannya yang sangat memesona. Jika cuaca sedang bersahabat maka Gunung Ciremai juga dapat terlihat dari kawasan ini," tulis Instagram @indoflashlight.

Untuk dapat menikmati samudera awan ini, Anda harus datang sekitar pukul 05.00 - 09.00 WIB. Kalau perlu, pukul 03.00 WIB, Anda sudah bersiap.

"Waktu yang cocok untuk menikmati samudera awan seperti ini yaitu sekitar jam 05 pagi sampai jam 09 pagi. Bahkan ada yang antusias datang dari pukul 03 dini hari untuk menikmati lautan awan plus syahdunya sunrise yang menyibak dari balik gunung. Sobat juga bisa juga camping di sini dengan estimasi biaya Rp25.000 / tenda. Fasilitas dan akses jalannya pun sudah cukup bagus, sobat tidak perlu capek jalan kaki karena jalannya bisa dilalui kendaraan. Yuk berwisata ke Ciamis agar senyum kalian semakin manis," tulis Instagram @indoflashlight.

Fenomena negeri di atas awan ini bisa Anda nikmati di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Puncak Bangku ini berada di dataran tinggi yang memiliki tebing.

Sedangkan daerah yang diselimuti kabut adalah wilayah perbatasan Ciamis-Kuningan. Dari kejauhan terlihat puncak-puncak bukit yang hijau. Udara di lokasi cukup sejuk, cocok untuk menikmati segelas kopi atau susu hangat sambil menikmati pemandangan.

Aktivitas menarik lain di sini adalah berburu spot foto. Ada beberapa spot foto kekinian yang sudah dibangun di kawasan Puncak Bangku Ciamis.

Anda bisa berswafoto di perahu yang seolah terbang di antara lautan awan, ada juga ayunan seperti sarang burung dan spot-spot foto lain. Hanya saja jika ingin berfoto harus sabar antre dengan pengunjung lain.

Untuk menuju lokasi Puncak Bangku dari pusat Ciamis perkotaan membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit, menggunakan kendaraan. Rutenya dari Alun-Alun Ciamis ke arah Baregbeg, lalu belok ke Sukadana kemudian ke Kecamatan Rancah.

Dari pertigaan Polsek Rancah ambil jalur lurus dan ikuti petunjuk menuju Puncak Bangku. Kendaraan di parkir di dekat lokasi. Memasuki kawasan ini belum dikenai tiket masuk. Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut