get app
inews
Aa Read Next : Hakim Vonis Syahrul Yasin Limpo 10 Tahun Penjara, Kasus Gratifikasi di Kementan

Nebeng atau Gratifikasi? Ini 7 Fakta Klarifikasi Kaesang ke KPK soal Jet Pribadi

Rabu, 18 September 2024 | 05:31 WIB
header img
Kaesang Pangarep memberikan klarifikasi kepada KPK terkait penggunaan pesawat jet pribadi untuk perjalanan ke Amerika Serikat. (Foto: MPI)  

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kaesang Pangarep, tiba-tiba mengunjungi Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta pada Selasa (17/9/2024) pagi.

Kunjungan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu dilakukan setelah menjadi sorotan publik karena bepergian ke AS bersama istrinya, Erina Gudono, menggunakan pesawat jet pribadi.

Dalam foto yang diterima, Kaesang tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Kehadirannya di KPK tidak diketahui oleh awak media.

Anggota Dewan Pembina PSI, Isyana Bagoes Oka, membenarkan kehadiran Kaesang tersebut, menegaskan bahwa dia datang untuk mengklarifikasi penggunaan jet pribadi.

“Betul, Mas Ketum Kaesang saat ini sedang di kantor KPK. Secara proaktif, Mas Ketum hadir untuk memberikan klarifikasi atas sejumlah hal, meski tidak diundang,” ujar Isyana.

Berikut tujuh fakta terkait klarifikasi Kaesang Pangarep :

1.   Klarifikasi atas Inisiatif Sendiri
Kaesang mengaku datang ke KPK tanpa undangan atau panggilan resmi dari lembaga antikorupsi itu. "Bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tapi inisiatif saya sendiri," ujar Kaesang di Gedung ACLC KPK.

2.   Nebeng Jet Pribadi Teman ke AS
Ia menjelaskan bisa menaiki jet pribadi tersebut dengan menumpang kepada temannya. Namun, identitas temannya tidak diungkap. "Numpang atau bahasa bekennya nebeng pesawatnya teman," kata Kaesang.

3.   Rencana Awal Tiket Pesawat Komersial
Juru bicara Kaesang, Francine, menyatakan bahwa Kaesang awalnya berencana untuk membeli tiket pesawat komersial. Namun, karena ada kesempatan nebeng dengan teman yang juga berangkat ke AS, dia memilih ikut. "Rencana pesawat komersial, kebetulan ada teman searah, jadi barenglah nebeng," ujarnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut