get app
inews
Aa Read Next : Chery Recall 420 Unit Omoda 5 di Indonesia, Buntut Kasus As Roda Patah di Malaysia

Mantan OB Punya Harta Rp 171,6 Triliun, Ini Sumber Kekayaan Robert Kuok

Minggu, 06 Maret 2022 | 20:30 WIB
header img
Robert Kuok Orang Terkaya Malaysia (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Seorang mantan office boy (OB) kini menjadi orang terkaya di Malaysia. Kekayaannya mencapai sebesar USD12 miliar atau setara Rp1 71,6 triliun (kurs Rp14.300 per USD). Dia adalah Robert Kuok yang kini berusia 98 tahun.  

Lalu dari mana sumber kekayaan Robert Kuok? Robert Kuok pemilik Kuok Group yang bergerak di sektor hotel, real estat, dan komoditas.

Robert Kuok mendirikan jaringan Shangri-La Hotels and Resorts yang terkenal secara internasional di Singapura pada tahun 1971.

Keponakannya Kuok Khoon Hong mengelola Wilmar International, di mana Kuok memiliki saham yang bernilai besar. Putra bungsu Robert Kuok, Kuok Khoon Hua, adalah CEO dan wakil ketua perusahaan properti Hong Kong, Kerry Properties.

Berikut perjalanan Robert Kuok sebelum menjadi orang terkaya di Malaysia.

Robert Kuok merupakan seorang pengusaha Malaysia keturunan Tionghoa, yang lahir di Johor Bahru, Johor pada 6 Oktober 1923. Pemiliki Kuok Group ini adalah putra seorang pedagang komoditas yang bermigrasi ke Malaysia pada awal abad ke-20.

Saat ini, Kuok memiliki banyak perusahaan di seluruh Malaysia dan investasi di berbagai negara, seperti Australia, Fiji, Singapura, Filipina, Thailand, Indonesia, dan China. Dia juga memiliki Beijing World Trade Centre.

Dikutip dari Brainpick, Kuok terjun ke beragam bisnis, mulai bidang penyulingan gula, perkebunan teh, minyak, pertambangan, keuangan, perdagangan, properti, pengangkutan, dan penerbitan. Dia memiliki Transmile Group dan saham di Malaysia International Shipping Corporation.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut