get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Benyamin Davnie : Tangsel Aman dan Nyaman untuk Semua Suku dan Agama

Kisah Darsono Pendiri Universitas Pamulang, Wujudkan Mimpi Raih Pendidikan Tinggi Kaum Papa

Minggu, 23 Oktober 2022 | 03:38 WIB
header img
Kisah Pendiri Universitas Pamulang, Tampung Office Boy hingga Pemulung. (Foto: MNC Media)

TANGERANG RAYA,iNewsSerpong.id — Kiprah Universitas Pamulang mencetak sumber daya manusia siap pakai di dunia kerja patut diapresiasi keberadaanya.

Berbicara mengenai Universitas Pamulang kurang afdhol jika kita tidak berkenalan langsung dengan founding father atau pendiri universitas tersebut. 

Kisah pendiri Universitas Pamulang, Drs. H. Darsono, menarik untuk diulas. Keinginannya untuk menyediakan perguruan tinggi dengan biaya murah agar dapat diakses banyak mahasiswa, rupanya membantu banyak anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.

Keberhasilan Darsono tak lepas dari perjuangannya di masa lalu dengan kemiskinan, ia sendiri pernah merasakan hampir tidak bersekolah karena perekonomian keluarga. Namun ia rela bekerja keras demi mengumpulkan uang untuk sekolah.

Kini, Universitas Pamulang adalah salah satu perguruan tinggi di Banten yang memiliki banyak mahasiswa. Berkat biaya pendidikan yang tergolong murah, dilansir dari pmb.umpam.ac.id (22/10), biaya masuk kuliah mahasiswa baru (S1) untuk regular A dan B adalah Rp600.000, dan reguler C Rp700.000 per orang.

Sedangkan biaya kuliah per semester regula A dan B dipatok Rp1,2 juta, sedangkan regular C dipatok Rp1,8 juta. Biaya ini dapat diangsur Rp200.000/bulan untuk regular A dan B, dan Rp300.000/bulan untuk regular C.

Darsono lahir di Bantul, Yogyakarta. Dilansir dari Sindonews (22/10), Darsono pernah harus menjadi pembuat bata merah, buruh, office boy, berdagang barang elektronik demi mencari uang.

Usai lulus sekolah, Darsono merantau ke Jakarta dan menjadi PNS. Namun mengundurkan diri karena ia merasa menjadi PNS tidak akan merubah hidupnya. Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta ini malah ingin mendirikan universitas.

Kisah Pendiri Universitas Pamulang: Mendirikan Kampus Murah

Bersama rekannya, Dr. H. Dayat Hidayat M.M., ia mendirikan Universitas Pamulang pada 2020. Awal mula operasional universitas itu pun tidak selalu mudah. Bahkan hingga tahun keempat berjalan, Unpam hanya menaungi 120 mahasiswa.

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut