get app
inews
Aa Read Next : Motor 2.000 cc 8 Silinder dari GWM China Segera Perkenalkan  

52 Motor Curian Disita Polisi, 27 Pelaku Curanmor Ditangkap

Selasa, 08 Maret 2022 | 07:44 WIB
header img
Polrestro Tangerang Kota menangkap sebanyak 27 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor). (Foto : MPI/Nandha Aprilianti)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Sebanyak 52 sepeda motor disita  Polrestro Tangerang Kota menyusul penangkapan sebanyak 27 pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Kapolrestro Tangerang Kota, Kombes Pol Komarudin mengatakan, penangkapan ini dimulai sejak 15 Februari hingga 7 Maret 2022. “Sebanyak 27 pelaku yang ditangkap ini mulai dari pemetik hingga penadah sepeda motor curian,” kata Komarudin di Polrestro Tangerang Kota, Senin (7/3/2022).

Menurut Komarudin, dari tangan para pelaku petugas menyita sebanyak 52 sepeda motor sebagai barang bukti. Dia melanjutkan, dalam kasus ini ada sepeda motor yang ternyata memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) palsu.

Salah satu pelaku berinisial BTN memiliki keahlian membuat STNK palsu. "Tersangka mendapatkan STNK tak terpakai dari tempat-tempat limbah kertas. Selanjutnya STNK itu dikorek-korek nomornya menggunakan potongan silet. Kemudian tersangka mengubah angka dan ditambah dengan tinta. Ini yang modus sederhana namun tentu dampaknya sudah luar biasa," ujarnya.

Tersangka, menjual STNK palsu itu dengan nominal kisaran Rp 500.000 -Rp 700.000. Dia menambahkan, hasil pemeriksaan sebanyak 27 pelaku ini kerap beraksi di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangsel, dan Jakarta Barat.

Komarudin menuturkan, beberapa pengungkapan kasus pencurian ini dilakukan melalui media sosial. Karena biasanya masyarakat lebih muda percaya membeli kendaraan bermotor secara online dengan diiming-imingi lengkap dengan surat-surat.

"Untuk masyarakat yang tergiur beli secara online hati-hati, karena kalau dikatakan lengkap dengan surat-surat yang sudah diubah nomor rangka dan nomor mesinnya,” ucapnya. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut