get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh Dunia yang Mampu Mengubah Dunia Meski Mengidap Autis : Salah Satunya Albert Einstein

Saat Sang Profesor Julurkan Lidah, Kisah di Balik Foto Paling Ikonik Albert Einstein

Kamis, 10 Maret 2022 | 09:59 WIB
header img
Albert Einstein. (Foto: Reuters)

Profesor linglung dengan rambut acak-acakan, dan sering lupa memakai kaus kaki ini adalah pemikir paling cemerlang di dunia. Ia digadang menjadi sosok mitos sepanjang hidupnya. Foto nakal itu kemudian membuatnya menyandang status sebagai ikon budaya pop.

Tanpa dia dan teori relativitas, pandangan manusia kini tentang alam semesta akan berbeda. Saat Nazi berkuasa di Jerman, Albert Einstein yang berdarah Yahudi dan tengah berada di Amerika Serikat tak bisa kembali ke Jerman, karena nyawanya bisa terancam. Ia mengembalikan paspornya dan beremigrasi ke Amerika Serikat.

Namun, bukan fotografernya yang membuat foto tersebut tenar ke seluruh dunia, tetapi Einstein sendiri. Dia memesan banyak cetakan foto itu dan memotongnya sehingga pasangan Aydelotte tidak lagi terlihat di foto. Einstein kemudian mengirimkan puluhan foto yang telah diedit itu ke rekan, teman, dan kenalannya.

"Lidah yang terjulur mencerminkan pandangan politik saya," tulisnya kepada seorang kawan bernama Johanna Fantova. Pada tahun 2009, salinan asli foto yang ia tanda tangani berhasil terjual dalam lelang dengan harga 74.324 dolar AS (sekitar Rp 1 miliar), dan menjadikannya sebagai foto orang jenius termahal yang pernah ada.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut