get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh Dunia yang Mampu Mengubah Dunia Meski Mengidap Autis : Salah Satunya Albert Einstein

Saat Sang Profesor Julurkan Lidah, Kisah di Balik Foto Paling Ikonik Albert Einstein

Kamis, 10 Maret 2022 | 09:59 WIB
header img
Albert Einstein. (Foto: Reuters)

Lahir sebagai orang Yahudi, Einstein telah melarikan diri dari Nazi Jerman dan tahu bagaimana rasanya menjadi subjek perburuan yang dipimpin pemerintah. Karena itu, dia tidak memaafkan Perang Dingin dan perburuan orang-orang yang dituduh komunis oleh Senator John McCarthy, di mana banyak politisi, intelektual, dan seniman dituduh "bukan orang Amerika".

Einstein banyak bicara tentang kebodohan manusia yang semacam ini. "Hukum orang bodoh tidak dapat diatasi karena jumlah mereka begitu banyak, dan suara mereka sama pentingnya dengan suara kita" demikian bunyi kutipan Einstein yang diterjemahkan dari bahasa Jerman. "Ada dua hal yang tidak terbatas: alam semesta dan kebodohan manusia. Tapi saya tidak begitu yakin tentang alam semesta," kata profesor itu.

Einstein menghadapi kebodohan ini dengan kejeniusan - dan sedikit humor. Sejak dijepret pada hari ulang tahun Einstein di tahun 1951, foto dirinya yang tengah menjulurkan lidah telah direproduksi jutaan kali. Kini foto itu dicetak di poster dan kaus oblong, kartu ucapan, mug, dan mural. Dan bahkan hari ini, beberapa dekade setelah kematiannya, pemikir revolusioner dan profesor jenius ini masih memiliki banyak penggemar, dari kaum muda hingga generasi senior. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut