get app
inews
Aa Read Next : Bergerak Signifikan, BEI Cermati Lima Saham Ini

Catat! Ini Jadwal Lengkap IPO GoTo 

Selasa, 15 Maret 2022 | 13:00 WIB
header img
Jangan Ketinggalan! Ini Jadwal Lengkap IPO GoTo . (Foto: MNC Media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id  - Perusahasan teknologi  GoTo merupakan salah satu perusahaan yang dicari saat ini. Perusahaan akan melaksanakan penawaran saham perdana alias Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia  Berikut jadwal lengkap IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam kegiatan usaha penyedia platform digital yang mengintegrasikan on-demand services, e-commerce dan fintech services. Perusahaan ini dikabarkan akan IPO dengan nilai mencapai Rp18 (17,992) triliun. 

Nilai yang tinggi ini membuat banyak orang menunggu jadwal pencatatan saham perdana GoTo di bursa saham. Oleh karena itu, IDXChannel merangkum jadwal lengkap IPO GoTo sebagai berikut.

Jadwal Lengkap IPO GoTo

GoTo akan melepaskan sebanyak 52 miliar lembar saham atau setara dengan 4.35%. Keseluruhan saham ini merupakan saham seri A yang yang masih baru dan dikeluarkan dari portepel. Jumlah saham yang dilepas GoTo tersebut mewakili 4,35 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor.

Saham GOTO tersebut akan ditawarkan pada penawaran perdana dengan harga mulai dari Rp316–346 per lembar saham.

Jadwal lengkapnya adalah sebagai berikut.

•  GoTo melaksanakan penawaran awal pada 15-21 Maret 2022. Dengan periode bookbuilding ini, maka IPO GoTo mulai efektif pada tanggal 25 Maret 2022.
•  Waktu pemesanan saham perdana dapat dilakukan pada 29-31 Maret.
•  Setelah selesai, GoTo dijadwalkan akan melakukan penjatahan saham pada 31 Maret 2022. 
•  Saham GoTo akan didistribusikan secara elektronik pada 1 April 2022. 
•  GoTo akan listing di Bursa Saham Indonesia (BEI) pada tanggal 4 April 2022.

Dalam prospektusnya, GoTo menegaskan bahwa jadwal IPO sementara masih bisa berubah dan dilengkapi. Sebelumnya, pada masa pra-IPO, GoTo juga sudah mengantongi dana sebesar USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 18,5 triliun dalam penutupan pertamanya.

Dalam perayaan IPO ini, terdapat sejumlah penjamin pelaksana emisi efek yakni PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Tbk (TRIM). Selain itu, GoTo juga menunjuk PT CIMB Niaga Sekuritas dan PT Nilai Inti Sekuritas sebagai penjamin emisi efek.

Sekadar diketahui, GoTo mencatatkan pertumbuhan nilai transaksi bruto (GTV) positif selama 3 tahun terakhir. Perusahaan ini bahkan membukukan lebih dari Rp 414 triliun yang melibatkan lebih dari 55 juta konsumen yang bertransaksi dalam periode transaksi selama 12 bulan. Yang terakhir adalah pada 30 September 2021.

IPO yang dilakukan GoTo ini bukan merupakan exit strategy. Pada Desember 2021, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan Peraturan OJK nomor 22/POJK.04/2021 tentang penerapan klasifikasi saham dengan hak suara multipel atau multiple voting shares (MVS). 

Dengan adanya regulasi ini, para founder memiliki hak suara lebih banyak (voting rights) dari pemegang saham lainnya, meski jumlah sahamnya sama. Meski demikian, GoTo menetapkan syarat bahwa saham para pendiri harus dikunci dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini dilakukan agar para pemegang saham eksisting tidak menjual atau memindahtangankan saham GoTo yang dimilikinya antara 8 bulan sampai dengan 2 tahun, bergantung pada klasifikasi saham yang dimiliki. 

Itulah jadwal lengkap IPO GoTo yang berhasil dirangkum IDXChannel dari berbagai sumber. Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan harga penawarannya. (*)

 

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut