get app
inews
Aa Read Next : Lulusan Teknik Informatika ini Formasi CPNS 2024 Cocok Dilamar

Ini Cara Pilih Jurusan Kuliah Supaya Tidak Salah Ambil

Minggu, 20 Maret 2022 | 18:52 WIB
header img
ilustrasi: freepik

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Jika kamu berencana berkuliah setelah lulus SMA, mungkin kamu bingung bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat, bukan? Pasalnya, ada banyak perguruan tinggi di luar sana. Selain itu, jurusan yang ditawarkan pun beragam.

Sebagian orang tidak bingung saat harus memilih jurusan kuliah. Saat ditanya, “Mau kuliah di mana?”, “Mau ambil jurusan apa?”, “Lulusan jurusan ini biasanya kerjanya jadi apa ya?” mereka mungkin bisa langsung menjelaskan secara gamblang.

Barangkali mereka adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan di bidang tertentu. Misalnya, ada yang sedari kecil sudah tertarik dengan dunia musik. Atau para pemilik bisnis yang sudah terpikir mau mengambil jurusan kuliah yang berkaitan dengan hal tersebut.

Apakah kamu juga tidak bingung saat ditanya mau mengambil jurusan apa? Atau kamu justru ada di tim bingung nih? Kalau kamu sedang galau karena belum tahu harus mengambil jurusan apa, maka kamu tidak perlu cemas.

Kamu tidak sendirian. Ada banyak orang yang merasa bingung ketika harus memilih jurusan kuliah. Bahkan, tidak jarang mereka ragu dengan pilihan yang sudah dibuat sehingga mengganti dengan jurusan lain.

Kamu bisa mencoba menerapkan cara memilih jurusan kuliah yang tepat bersama aku, Restu, Blog Writer dari Satu Persen. Harapannya, kamu bisa menemukan jurusan yang paling cocok untuk kamu dan tidak perlu merasa salah jurusan saat sudah berkuliah nanti.

Cara Memilih Jurusan Kuliah

Apa saja hal-hal yang harus kamu pertimbangkan saat memilih jurusan kuliah? Berikut ini beberapa hal yang harus kamu tanyakan kepada diri sendiri dan pikirkan baik-baik ketika memilih jurusan kuliah.

Apakah kamu memiliki suatu keunggulan dalam kemampuan akademik tertentu?

Cara memilih jurusan kuliah yang pertama adalah bertanya pada diri sendiri mengenai keunggulan tertentu yang kamu miliki dalam hal akademik. Coba ingat-ingat lagi pengalamanmu dalam memecahkan soal saat ujian.

Barangkali kamu cepat sekali dalam mengerjakan soal saat ujian matematika tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama saat mengerjakan soal mata pelajaran lain. Atau mungkin gurumu pernah memujimu karena mampu membacakan teks berita dengan baik dan benar saat pelajaran bahasa Indonesia.

Apakah kemampuan akademik tersebut berkaitan dengan jurusan kuliah yang kamu inginkan?

Nah, mungkin kamu pun pernah membayangkan ketika mengambil suatu jurusan. Namun, kamu masih ragu apakah harus memilih jurusan itu atau tidak. Padahal kamu cukup menikmati proses pembelajaran terkait jurusan tersebut.

Di sinilah, kamu bisa menanyakan pada diri sendiri apakah skill-mu ini masih relevan dengan jurusan yang kamu inginkan atau tidak. Jadi, coba kamu ingat-ingat lagi kira-kira skill akademik apa yang kamu miliki?

Apa yang kamu minati?

Saat kamu mempelajari hal-hal yang disukai, kamu akan cenderung lebih mudah merasa bahagia saat menjalani perkuliahan. Ditambah kamu bakal jadi termotivasi untuk mengerjakan sesuatu dan membangun koneksi dengan orang-orang yang ahli di industri tersebut. Hal ini tentu bisa sangat membantu kariermu di masa depan.

Selain itu, coba perhatikan juga bidang jurusan yang mendorong rasa ketertarikanmu. Ada kemungkinan jurusan kuliah ini bisa membuatmu merasa semangat untuk belajar terus. Namun, jangan lupa juga untuk melakukan banyak riset dan mengumpulkan informasi demi memastikan jurusan yang terpilih memiliki prospek kerja yang bagus.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut