get app
inews
Aa Read Next : Ukraina Mendapatkan Gelontoran Bantuan Tambahan Rp40 Triliun dari Uni Eropa

Rusia Gunakan Senjata Kimia di Ukraina, AS Belum Temukan Indikasinya

Rabu, 23 Maret 2022 | 08:02 WIB
header img
AS belum temukan indikasi Rusia gunakan senjata kimia di Ukraina. Foto/Ilustrasi/Sindonews

WASHINGTON , iNewsSerpong.id - Amerika Serikat (AS) belum melihat indikasi konkret dari serangan senjata kimia atau biologis Rusia yang akan segera terjadi di Ukraina tetapi sedang memantau dengan cermat aliran informasi intelijen terkait hal itu.

Demikian yang diungkapkan seorang pejabat senior pertahanan AS. Presiden Joe Biden mengatakan, tanpa memberikan bukti, tuduhan palsu Rusia bahwa Kiev memiliki senjata biologis dan kimia menggambarkan bahwa Presiden Vladimir Putin sedang mempertimbangkan untuk menggunakannya sendiri dalam perang melawan Ukraina.

"Tidak ada indikasi bahwa ada sesuatu yang dekat dalam hal itu sekarang," ucap seorang pejabat AS, berbicara kepada wartawan dengan syarat anonim, berbagi penilaian Biden seperti dilansir dari Channel News Asia, Rabu (23/3/2022).

Hampir sebulan memasuki perang, pasukan Rusia telah gagal untuk merebut satu kota besar dan kemajuan mereka telah dihentikan di hampir semua lini oleh para pejuang Ukraina.

Moskow malah beralih untuk membombardir kota-kota dengan artileri, rudal, dan bom. Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa Putin, merasa terpojok, dan dengan pasokan amunisi konvensional menjadi lebih terbatas, mungkin beralih ke persenjataan lain.

Para pejabat AS menuduh Rusia menyebarkan klaim yang belum terbukti bahwa Ukraina memiliki program senjata biologis sebagai kemungkinan awal untuk meluncurkan serangan biologis atau kimianya sendiri.
"Mereka terus membicarakan hal ini dan ini adalah taktik buku pedoman Rusia," kata pejabat pertahanan AS itu.
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut