get app
inews
Aa Read Next : Desain Lion Air Jadi Trending Topic, Dianggap Membingungkan karena Terlihat Terbang di atas Air

Pemilik Lion Air Hingga Super Air Jet, Itulah Sumber Kekayaan Rusdi Kirana

Selasa, 10 Mei 2022 | 20:37 WIB
header img
Kekayaan pengusaha Rusdi Kirana utamanya berasal dari bisnis penerbangan. (Foto : SINDOnews)

Seiring berjalannya waktu, Lion Air terus berkembang hingga pada 2004 menempati posisi kedua setelah Garuda Indonesia dalam hal jumlah penumpang yang diangkut.

Belum cukup sampai disitu, Rusdi terus mengembangkan sayap bisnis Lion Air hingga memiliki beberapa maskapai dan anak perusahaan. Selain menjadi pengusaha, Rusdi Kirana juga pernah mencicipi dunia politik.

Dia bergabung bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2014 dan menjadi wakil ketua umum. Tak hanya itu, namanya juga masuk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) tahun 2015.

Pada tahun 2017, dia melepas jabatan tersebut setelah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Duta Besar RI di Malaysia. Selain bisnis Aviasi, Rusdi Kirana bersama Lion Air juga memiliki bisnis pengiriman barang bernama Lion Parcel dan bisnis perhotelan bernama Lion Hotel and Plaza di Manado, Sulawesi Utara.

Dengan berbagai perusahaan dan bisnis yang dimiliki, Rusdi dan Kusnan Kirana sempat masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2019.

Nilai kekayaannya disebut mencapai USD 835 juta dan menempati posisi ke-38 dari 50 jajaran orang terkaya di Indonesia. Namun, pada tahun 2020 dia terlempar dari daftar orang terkaya setelah lesunya bisnis penerbangan saat kondisi pandemi Covid-19 melanda. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 10 Mei 2022 - 18:58 WIB oleh Lutfan Faizi dengan judul "Kekayaan Rusdi Kirana, Pemilik Lion Air hingga Super Air Jet".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut