get app
inews
Aa Read Next : Pemuda Cianjur Tertipu Nikahi Laki-laki, Kecewa lalu Lapor Polisi

Banyak Cara Menjaga Kesehatan Vagina, Silakan Intip Tips Berikut  

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:36 WIB
header img
Banyak cara menjaga kesehatan vagina. (Foto : Klikdokter)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Jangan sepelekan kesehatan organ intim senantiasa harus menjadi perhatian utama untuk wanita. Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam merawat kesehatan vagina. Jika tidak, bisa muncul beragam masalah, termasuk keputihan.

Keputihan sebenarnya adalah normal. Bahkan, produksinya bisa meningkat saat wanita sedang alami peningkatan jumlah hormon di sekitar masa haid atau saat hamil, stres, kelelahan, mendapat rangsangan seksual, dan sedang menggunakan obat tertentu atau alat kontrasepsi.

Agar daerah kewanitaan tetap sehat dan tidak terjadi masalah keputihan yang tidak normal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan vagina :

Gunakan Pakaian Dalam dari Bahan Katun

Gunakan pakaian dalam berbahan katun ataupun sutra daripada sintetis. Celana dalam berbahan katun bersifat menjaga kelembapan dan membatasi keringat sehingga tidak terlalu basah.

Vagina yang terlalu basah dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri. Jangan lupa untuk mengganti pakaian dalam Anda setiap hari.

Hindari Pakaian Ketat 

Jangan menggunakan pakaian ketat (celana ketat atau jeans) ataupun stocking terlalu lama. Pakaian tipe ini dapat meningkatkan kelembapan di area kewanitaan, mempermudah iritasi, serta berisiko pertumbuhan jamur dan bakteri.

Hindari Produk Wewangian untuk Daerah Kewanitaan

Hati-hati memakai pewangi untuk daerah kewanitaan, misalnya tisu berwarna dan berpewangi, semprotan kewanitaan, serta pembalut berpewangi. Produk-produk sejenis ini bisa menyebabkan iritasi di daerah kewanitaan.

Rutin Ganti Pembalut Saat Menstruasi 

Cara merawat dan menjaga kesehatan miss V selanjutnya adalah dengan rutin mengganti pembalut saat menstruasi. Secara berkala, gantilah pembalut sesuai dengan banyaknya aliran darah.

Semakin deras aliran darah, sebaiknya ganti pembalut lebih sering. Paling tidak, gantilah pembalut sekitar 2 - 3 kali sehari. 

Rutin Mencuci Pakaian Dalam 

Cuci dan bilas pakaian dalam hingga benar-benar bersih. Pastikan bahan iritan dari deterjen ataupun pengharum pakaian sudah benar-benar hilang. Jika terus-menerus dilakukan, tak heran bahan ini sebabkan gangguan kesehatan vagina.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut