get app
inews
Aa Read Next : Surat Pindah Domisili Terbaru, Begini Cara Mengurusnya

Begini Cara Dan Syarat Pindah Domisili Antar Provinsi, Jangan Lupa Sertakan SKP

Rabu, 08 Juni 2022 | 07:39 WIB
header img
Cara dan syarat pindah domisili antar provinsi memiliki sejumlah aturan yang harus dilengkapi oleh penduduk yang akan pindah domisili, salah satunya SKP. (Foto/Ilustrasi : SINDOnews)


SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Sejumlah aturan dan syarat harus dipenuhi bila ingin pindah domisili antar provinsi. Surat Keterangan Pindah (SKP) menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh.

"Hanya penduduk yang melakukan perpindahan antar Kabupaten/Kota atau antar Provinsi yang akan dibekali SKP oleh Dinas Dukcapil asal untuk diberikan ke daerah tujuan," kata Zudan Arif, dikutip dari dukcapil.kemendagri.go.id, Selasa (7/6/2022).

"Sementara perpindahan penduduk dalam satu Kabupaten/Kota, tidak memerlukan SKP," tambahnya Zudan pun mengimbau agar masyarakat betul-betul mencermati persyaratan-persyaratan yang berlaku.

Kepada insan Dukcapil, Zudan peringatkan, akan memberi sanksi tegas bila masih ada yang meminta syarat tambahan diluar ketentuan yang berlaku.

Zudan meminta para Kepala Dinas Dukcapil untuk mengecek sampai petugas di tingkat Kelurahan/Desa atau Kecamatan, dan mengganti atau bahkan mencopot petugas yang tidak melayani dengan baik.

"Kita harus tegas karena pelayanan publik ini mutlak harus kita perbaiki agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang terbaik dari negara," tutupnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut