get app
inews
Aa Read Next : 5 Perempuan Berhijab Pemilik PO Bus Ternama, Ada yang Tetap Sopiri Busnya Sendiri

5 PO Bus Legendaris Di Jakarta, Ada Yang Berdiri Sejak Tahun 1940-an

Minggu, 12 Juni 2022 | 12:41 WIB
header img
PO bus legendaris di Jakarta. (Foto: flicker)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - PO bus legendaris di Jakarta berikut sudah beroperasi cukup lama. Di mana angkutan umum seperti bus menjadi moda transportasi favorit masyarakat Indonesia.

Itulah sebabnya perusahaan otobus (PO) hingga saat ini terus menjamur, bahkan tidak sedikit nama baru yang bermunculan.

Sederet PO bus legendaris juga masih terus eksis hingga saat ini. Bagi masyarakat awam mungkin PO legendaris yang masih eksis ini berasal dari wilayah Jawa dan Sumatera saja yang memang menjadi rumah bagi banyak PO bus.

Padahal, sejumlah PO legendaris ini ada juga yang berasal dari Jakarta. Nah apa saja PO bus legendaris di Jakarta? Berikut daftar lengkapnya, seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (12/6/2022).

1. Mayasari Bakti

PO bus legendaris Jakarta yang pertama adalah Mayasari Bakti. PO yang satu ini merupakan salah satu yang memiliki trayek terbanyak, termasuk ke dalam kategori Bus Kota. Mayasari Bakti didirikan pada 1964, dan Melayani trayek Cililitan - Tanjung Priok.

PO ini berkembang ketika pada tahun 1970, Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin memberikan bantuan kredit pengadaan bus kota di DKI Jakarta kepada beberapa operator buskota. Hingga saat ini Myasari Bakti menjadi legenda hidup di industri transportasi darat.

2. Agra Mas

Selanjutnya ada Agra Mas. PO bus yang bermarkas di Jakarta Timur ini telah bertahun-tahun melang-melintang menawarkan layanan angkutan kepada para penumpang. Sampai seksrang Agram Mas terus eksis an bahkan berkembang.

Saat ini Agra Mas bahkan memiliki armda double decker. Bus double decker Agra Mas mengusung konfigurasi bangku 2-2 dengan fasilitas mulai dari recleaning seat, bantal dan selimut, TV, AC, lampu baca, hingga charge station.

3. Primajasa

PO yang tergabung dalam Mayasari Group ini dikenal memiliki armada bus reguler yang melayani trayek bus antarkota antarprovinsi. Kebanyakan armada bus Primajasa melayani trayek bus tujuan Jawa Barat dan Banten.

Berdiri pada tahun 1991, PT Primajasa Perdanaraya Utama memulai operasinya sebagai bus wisata. Dengan armada 25 unit bus, Primajasa pada masa awal berdiri menawarkan rute pulang-pergi Bogor-Tangerang via Jakarta.

4. Continental

PO Continental awalnya memiliki nama lengkap Continental Megah Express. PO yang satu ini didirikan oleh Pak Teddy dan memiliki kantor pusat berada di jalan AM.

Sangaji dan Pool berada di Pondok Bambu (Jakarta Timur). Continental berjaya di tahun 1980-an dengan memiliki ciri khas warna dasar putih. Namun menjelang akhir era 90-an PO ini mulai mengalami kemunduran dan pada akhirnya diakuisisi oleh PT. Mitra Rajasa yang merupakan rivalnya.

5. Damri

Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau dikenal dengan Damri merupakan PO bus yang didirikan pada tahun 1946. Lahir di Jakarta, Damri menjadi sebuah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang transportasi darat.

Damri sendiri menyediakan berbagai macam tipe kelas bus.Diantaranya yaitu, kelas ekonomi yang tanpa AC dan sudah dilengkapi dengan air conditioner, bisnis, eksekutif, dan royal (kualitas terbaik). (*)

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 5 PO Bus Legendaris di Jakarta, Ada yang Berdiri Sejak Tahun 1940-an ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/niaga/po-bus-legendaris-di-jakarta.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut